fbpx

Yuk Pelajari Jenis-Jenis Kuman di Air Tercemar!

Posted on Dibaca : 67

Hallo sahabat SHIMIZU!

Air tercemar berarti air yang sudah terkontaminasi oleh limbah, zat – zat berbahaya maupun mikroorganisme seperti bakteri, virus hingga jamur. Air yang sudah tercemar tentunya tidak layak untuk di konsumsi ataupun digunakan untuk kegiatan sehari – hari karena dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Pencemaran air umumnya disebabkan oleh manusia. Misalnya, limbah atau zat kimia hasil industri, penggunaan pestisida dan pupuk kimia pada sektor pertanian, pembuangan kotoran ternak dan sisa pakan ternak, hingga kebiasaan membuang sampah sembarangan.

Bila kamu tidak sengaja mengonsumsi atau menggunakan air yang sudah tercemar, maka cepat atau lambat kamu akan merasakan akibatnya terutama berdampak langsung pada kesehatan kamu. Jenis – jenis kuman yang terdapat pada air tercemar sebagai berikut :

Hepatitis A

Virus ini merupakan penyebab dari penyakit hepatitis A. Seseorang yang terinfeksi virus ini akan mengalami gejala berupa mata dan kulit berubah menjadi kekuningan, demam, rasa tidak nyaman di perut sebelah kanan dan tidak nafsu makan.

Gejala ini memang tidak langsung muncul setelah terinfeksi, melainkan beberapa minggu setelahnya. Virus ini juga dapat menyebar karena sanitasi yang buruk, kurang bersih ataupun kontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi.

Salmonella

Virus penyebab penyakit tifus ini juga ada di air yang tercemar. Orang yang terkena penyakit tifus akan memiliki gejala kram perut, diare, demam hingga muntah – muntah. Umumnya gejala tifus akan berlangsung selama 4 – 7 hari dan membuat penderitanya mengalami dehidrasi. So sangat penting banyak mengonsumsi air putih jika kamu terkena virus ini.

Shigella

Shigella merupakan bakteri yang menyebabkan penyakit menular shigellosis, yaitu salah satu bentuk penyakit disentri. Seseorang yang terinfeksi penyakit ini memiliki gejala berupa diare yang lebih cair dan kadang disertai darah, demam dan kram pada perut.

Bagi kamu yang tertular oleh virus ini, disarankan untuk banyak konsumsi air putih dan makanan – makanan bergizi. Penularannya juga sangat cepat, virus ini akan tertular ketika kamu mengonsumsi air atau minuman yang terkontaminasi bakteri shigella.

Escherichia coli

Pada umumnya bakteri satu ini tidak berbahaya dan hidup di usus manusia maupun hewan. Namun pada beberapa jenis bakteri ini juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan loh. Kamu yang terinfeksi bisa saja karena meminum atau memasak dengan menggunakan air yang sudah terkontaminasi bakteri e. coli ini. Gejala yang ditimbulkan seperti kram perut berlebih, diare berdarah hingga muntah – muntah. Air yang baik untuk dikonsumsi harus memiliki warna yang jernih, bersih dan tidak berbau. Tetapi belum tentu juga air tersebut tidak terkontaminasi virus atau bakteri. So menjadi sangat penting untuk selalu memastikan bahwa air yang kamu konsumsi sehari – hari dalam keadaan bersih dari kuman penyebab penyakit.