Tradisi Yu Sheng

Posted on Dibaca : 32

Hallo Sahabat SHIMIZU!

Perayaan hari Imlek tahun 2021 sudah menghitung hari, bagi Sahabat SHIMIZU yang merayakan pasti sudah menyiapkan banyak hal untuk menyambut perayaan Imlek tahun ini. Tradisi yang tidak asing ketika merayakan malam Imlek adalah tradisi Yu Sheng.

Yu Sheng merupakan sebuah tradisi yang dilakukan untuk menyambut tahun baru imlek yang memiliki hubungan dengan hidangan khusus yang disajikan di malam pergantian tahun. Diambil dari kata “Yu” yang berarti “ikan” dan “berlebihan” dalam bahasa Tionghoa, sementara “Yu Sheng” juga homofon yang berarti “meningkatnya kelimpahan”. Yu Sheng diibaratkan sebagai simbol melimpahnya rejeki, prospektif dan semangat.

Tradisi Yu Sheng tidak dilakukan secara sembarang loh Sahabat SHIMIZU. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya dengan penggunaan meja bundar yang menyimbolkan aliran mata angin dan positif. Tradisi Yu Sheng sendiri berisikan makanan yang diletakkan pada wadah besar yang berisi ikan salmon, wortel dan macam – macam jenis sayuran lainnya.

Tradisi ini dimulai dengan memberikan perasan lemon ke atas ikan salom sambil mengatakan da ja da li yang berarti keberuntungan dan kelancaran. Kemudian semua anggota keluarga mengangkat makanan dengan menggunakan sumpit serta mengucapkan gong xi fa cai dan wan shi ru yi yang berarti selamat atas kekayaan Anda dan semoga semua keinginan terpenuhi.

Setelahnya akan ditaburkan bubuk merica kedalaman makanan sebagai simbol lambang harapan untuk mendapatkan lebih banyak hal – hal berharga di tahun yang akan datang, disertai dengan mengatakan zhao cai jin bao yang berarti menarik kekayaan dan harta karun. Kemudian taburkan minyak ke seluruh bahan – bahan makanan, sambil mengatakan yu ben wan li yang berarti semoga keberuntungan kita bertambah berkali – kali lipat.

Tradisi Yu Sheng memang dipenuhi dengan kenikmatan bersama keluarga dan doa – doa atas rasa syukur rezeki yang telah diberikan sepanjang tahun. Setiap doa – doa pengiring ini juga ditunjukan agar keluarga yang menyantapnya akan mendapatkan kemudahan rezeki yang lebih baik di tahun berikutnya.

Nah itu dia salah satu tradisi yang biasa dilakukan di setiap malam menyambut tahun baru Imlek. Untuk Sahabat SHIMIZU yang merayakan. Selamat Tahun Baru Imlek Sahabat SHIMIZU!

Instagram : Shimizu Indonesia

Facebook : Shimizu Indonesia

Twitter : Shimizu Indonesia

Youtube : Shimizu Indonesia