Tradisi Ramadhan Unik dari Negara Turki

Posted on Dibaca : 29

Hallo sahabat SHIMIZU!

Bagaimana dengan Ramadhan kamu kemaren sahabat? Bulan Ramadhan memang selalu meninggalkan kenangan indah di dalamnya. Tidak hanya bulan yang penuh dengan keberkahan dari sang pencipta, bulan Ramadhan juga selalu meninggalkan kenangan manis di setiap tahunnya.

Selain ibadah wajib seperti berpuasa di bulan Ramadhan ada banyak tradisi unik yang hanya muncul ketika bulan Ramadhan itu tiba. Salah satunya adalah tradisi Ramadhan unik khas dari negara Turki.

Turki merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbanyak di Eropa. Sama seperti negara islam lainnya, Turki juga banyak tradisi unik ketika bulan Ramadhan tiba.

Buka Puasa Tanpa Takjil

Jika di Indonesia waktu berbuka puasa sangat khas dengan beragam sajian takjil yang tersedia. Tetapi berbeda dengan umat muslim di Turki, mereka justru tidak berbuka dengan takjil. Ketika adzan magrib berkumandang, mereka akan langsung menyantap menu seperti makan malam di hari biasa.

Diawali dengan sup dan roti, kemudian dilanjutkan dengan menu utama dan terakhir menu penutup seperti sajian baklava, puding ataupun potongan buah segar. Selain itu juga ada tradisi minum teh yang sangat khas oleh orang Turki.

Tadarus

Membaca al-quran atau tadarus memang sangat disarankan apalagi ketika bulan Ramadhan. Di Indonesia sendiri lantunan ayat – ayat al-quran bisa terdengar dari satu masjid ke masjid lainnya, mulai dari pagi hingga malam hari. Hal ini tidak berbeda jauh dengan yang terjadi di negara Turki.

Seusai sholat tarawih biasanya tidak terdengar lagi suara orang tadarus dari dalam masjid. Hal ini bukan berarti tidak ada yang tadarus, melainkkan tidak menggunakkan pengeras suara. Seusai tarawih biasanya hanya bapak – bapak saja yang tadarus di masjid hingga datangnya waktu subuh. Ibu – ibu di Turki ketika bulan Ramadhan biasanya akan membentuk komunitas untuk tadarus bersama ketika siang hari, dan biasanya dilakukan di rumah salah satu anggotanya.

Buka Puasa Bersama

Melakukan buka puasa bersama dengan orang – orang terkasih memang sangat menyenangkan, selain untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa kita juga bisa sekalian silaturahmi dengan sanak saudara.

Di Turki sendiri juga memiliki tradisi buka puasa bersama, orang Turki biasanya mengadakan buka bersama di Masjid dalam jumlah besar. Pemerintahnya pun sering membuat agenda atau membuka secara resmi acara buka bersama di masjid – masjid tertentu. Selain di masjid, biasanya orang Turki juga melakukan buka bersama dengan sanak keluarga di rumah mereka.

Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul qadar merupakan malam spesial yang di nanti-nantikan setiap umat muslim. Malam lailatul qadar yang hadir di 10 malam terakhir di bulan Rmadhan membuat banyak masjid – masjid akan lebih penuh dibandingkan dengan awal Ramadhan. Hal ini sudah menjadi pemandangan yang lumrah di Turki, karena 10 hari terakhir semua orang Turki akan berbondong – bondong datang ke masjid untuk mengejar malam lailatul qadar.

Nah itu dia beberapa tradisi unik Ramadhan dari negara Turki. Memang tidak begitu berbeda jauh dengan negara muslim lainnya. Kalau di kota atau negara kamu sendiri tradisi Ramadhan apa yang paling berkesan ? yuk share di social media SHIMIZU yaa!