Tradisi Menarik Ketika Hari Raya Idul Fitri

Posted on Dibaca : 33

Hallo Sahabat Shimizu!

Tidak terasa beberapa hari lagi kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Hari Raya Idul Fitri selalu identik dengan banyak kegiatan yang menyenangkan, tradisi ini sudah melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia sejak lama. Beragam kegiatan dan menu sajian akan meramaikan hari raya itu tiba.

Setiap wilayah di Indonesia memiliki tradisi yang berbeda – beda yang membuat banyak orang rindu untuk balik ke kampung halaman dan merayakannya bersama dengan keluarga besar. Ada banyak tradisi menari khas hari raya Idul Fitri yang berlangsung di Indonesia, beberapa diantaranya seperti:

Makanan Khas Lebaran

Sama seperti perayaan hari besar lainnya, lebaran atau hari Raya Idul Fitri juga memiliki makanan khas yang biasa hadir ketika hari raya tiba. Di Indonesia sendiri makanan khas yang muncul ketika lebaran ada ketupan sayur, rendang, opor ayam, gulai ayam dan masih banyak lagi.

Setiap daerah memiliki menu khas-nya masing – masing sesuai dengan daerahnya. Tidak hanya makanna berat, makan ringan seperti kue – kue juga akan tersaji ketika hari raya itu tiba.

THR

Tradi bagi – bagi THR merupakan salah satu tradisi yang paling ditunggu – tunggu ketika hari raya tiba. Biasa THR akan dibagikan kepana anak – anak kecil, keponakan ataupun sepupu. Tidak hanya dikalangan keluarga, di kantor tradisi memberikan THR juga akan dinantikan oleh para karyawan.

Mengirimkan Parcel

Saling berkirim parcel antar keluarga, kerabat ataupun saudara juga menjadi salah satu tradisi ketika hari raya Idul Fitri tiba. Selain untuk menjalin tali silahturahmi, kegiatan berkirim parcel ini juga banyak dinanti – nantikan loh Sahabat.

Halal Bi halal

Tradisi wajib ketika lebaran adalah halal bi halal yaitu kegiatan silahturahmi dengan mengunungi tetangga, sanak saudara, kerabata teman dan rekan kerja ketika hari raya Idul Fitri. Menjalin tali silahturahmi hukumnya wajib loh Sahabat! Momen silahturahmi juga dimanfaatkan sebagai momen untuk saling bermaaf – maafan.

Ziarah Makam Salah satu daftar kegiatan yang akan dilakukan ketika hari raya salah satunya ziarah makam. Datang kepemakaman bersama keluarga untuk mendoakan keluarga lainnya yang sudah lebih dulu meninggal. Berdoa dan menabur bunga menjadi agenda wajib ketika berziarah.