Toilet Mampet! Ini 4 Cara Mengatasinya!

Posted on Dibaca : 8

Hallo Sahabat Shimizu!

Toilet digunakan hampir setiap hari karena fungsinya yang sebagai tempat pembuangan. Hal yang menyebalkan dari toilet adalah ketika toilet mampet. Untuk masalah ini Sahabat tidak bisa membiarkan terlalu lama.

Ketika toilet mampet hal ini akan menyulitkan karena toilet tidak bisa digunakan, menimbulkan aroma yang tidak sedap hingga air yang meluap dari dalam toilet yang mampet.

Untuk membetulkan toilet yang mampet Sahabat bisa memanggil jasa sedot wc atau tukang pipa untuk mengatasi masalah ini. Tetapi hal tersebut membutuhkan biaya yang agak mahal dan wajib menjadi pertimbangan Sahabat Shimizu.

Jika terjadi toilet mampet Sahabat bisa loh membenarkannya sendiri dengan beberapa peralatan yang ada dirumah. Ingin tahu alat apa saja yang bisa digunakan, simak pembahasan berikut!

Campuran Sabun Cucian Piring dengan Air Panas

Ketika wc atau toilet Sahabat Shimizu mampet kalian bisa menggunakan campuran air panas dan sabun cucian piring untuk mengatasinya. Caranya tuangkan 1 cangkir sabun cucian piring kedalam toilet dan diamkan sampai sabun cucian piring mengendap pada pipa toilet. Sabun cuci piring ini berguna untuk melincinkan saluran pipa agar dapat mengalirkan benda yang menyumbat di dalamnya.

Setelah beberapa saat tuangkan air panas sebanyak mungkin, tetapi pastikan jangan sampai air keluar dari toilet. Diamkan selama 20 menit, kemudian flush toilet untuk mengecek apakah toilet masih tersumbat atau tidak. Jika masih tersumbat lakukan hal yang sama hingga toilet bisa beroperasi secara normal.

Menggunakan Soda Api

Cara kedua untuk mengatasi masalah toilet yang mampet adalah dengan menggunakan soda api. Soda api atau Natrium Hidroksisa dikenal ampuh untuk mengatasi masalah toilet yang mampet. Bahan ini akan bereaksi langsung dengan air yang kemudian menimbulkan gelembung. Gelembung ini akan menjadi pertanda bahwa sedang ada proses penghancuran benda di dalam pipa toilet. Soda air memang memiliki bentuk yang padat, tetapi tenang saja Sahabat soda api tidak akan menyumbat toilet kalian karena pada akhirnya soda api akan memuai karena berinteraksi langsung dengan air.

Campuran Baking Soda dan Cuka

Bahan ketiga adalah campuran baking soda dengan cuka. Campuran kedua bahan ini bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan di rumah mulai dari membersihkan kotoran yang membandel hingga mengatsi pipa yang tersumbat. Caranya cukup mudah taburkan satu cangkir baking soda ke permukaan toilet dan tunggu hingga mengendap. Setelahnya tuangkan 2 cangkir cuka dan masukan dengan merata (pastikan semua bagian terkena).

Setelah keduanya tercampur akan muncul gelembung – gelembung dari reaksi kedua bahan ini, pastikan juga Sahabat Shimizu agar gelembung tidak meluber keluar dari toilet. Diamkan gelembung – gelembung ini selama 1 jam, kemudian flush toilet hingga bersih. Jika masih mengalai penyumbatan, Sahabat bisa melakukan cara yang sama tetapi diamkan gelembung – gelembung tersebut selama semalaman. Besok paginya baru bilas dengan air dan toilet bisa dipakai seperti biasa.

Menggunakan Plastik Pembungkus Makanan

Benda terakhir adalah dengan menggunakan plastik pembungkus makanan. Gunakan plastik pembungkus untuk menutupi bagian tempat duduk pada toilet, pastikan juga platik menempel dengan baik dan merata menutupi semua bagian tempat duduk toilet. Setelahnya tekan tombol flush berkali – kali. Ketika di flush plastik akan mengembang, ketika ini tekan secara perlahan bagian plastik yang mengembang untuk mendorong bagian yang mampet di dalam pipa toilet. Lakukan hal ini hingga plastik tidak mengembang lagi ketika di flush.

Naah itu dia 4 barang – barang rumahan yang bisa Sahabat Shimizu gunakan untuk mengatasi toilet yang mampet. Jika dengan barang – barang tersebut masih saja mampet, Sahabat Shimizu harus segera menghubungi jasa sedot wc atau tukang perbaikan pipa agar menyelesaikan masalahnya.