Tips Mudah untuk Mengurangi Sampah Plastik

Posted on Dibaca : 7

Hallo Sahabat Shimizu! Sampah merupakan salah satu permasalahan yang belum ditemukan solusinya sampai sekarang. Tetapi Sahabat bisa membantu mengurangi jumlah sampah dengan berbagai macam cara. Salah satu jenis sampah yang paling banyak adalah sampah plastik dan sterofoam. Jenis sampah ini sangat susah di urai dan jika bisa membutuhkan waktu ratusan bahkan ribuan tahun untuk dapat mengurainya.

Penggunaan plastik memang sangat banyak, apalagi untuk keseharian. Belanja menggunakan plastik, makanan atau minuman yang dibungkus menggunakan plastik atau sterofoam, ataupun beberapa kegiatan lain yang banyak menggunakan plastik dan menghasilkan sampah plastik semakin menumpuk.

Ada beberapa cara yang bisa Sahabat lakukan untuk bisa menanggulangi sampah plastik yang terus membludak, seperti:

Bawa Botol Minum

Membawa botol minuman sendiri selain lebih sehat, Sahabat juga akan membantu pengurangan penggunaan plastik. Kebanyakan minuman yang dijual di luaran menggunakan plastik sebagai wadahnya, dengan membawa botol sendiri akan menggurangin penggunaan pemakaian plastik.

Memasak Bekal Sendiri

Kurangin untuk membeli makan siap saji atau kemasan yang menggunakan plastik. Membawa bekal dan memasak sendiri dari rumah akan lebih sehat dan lebih hemat. Bahan masakan lebih segar dan cara memasak lebih terjaga.

Mendaur Ulang Sampah

Sampah memiliki banyak jenisnya, salah satunya adalah sampah anorganik. Sampah anorganik seperti botol plastik, kaleng bekas, kardus dan banyak lainnya. Sahabat bisa membuat barang – barang DIY dari sampah anorganik yang masih layak digunakan, seperti tas dari bungkus kopi plastik, rak dari kardus, tatakan meja dari tutup botol platik dan banyak lainnya.

Gunakan Tas ketika Berbelanja

Ketika Sahabat berbelanja biasanya akan diberikan kantong plastik untuk wadah membawa barangnya. Untuk mengurangi penggunaan plastik pastikan ketika Sahabat akan belanja bawahlah tas sendiri untuk membawa belanjaan kalian. Ataupun jika belanja dalam jumlah yang lebih banyak Sahabat bisa menggunakan kardus untuk membawanya.

Ganti Sedotan Platik ke Sedotan Stainless

Kebanyakan sedotan yang disediakan ditempat makan terbuat dari bahan plastik. Untuk mengurangi penggunaannya Sahabat bisa beralih dari sedotan plastik ke sedotan stainless. Sekarang sudah banyak produsen yang menjual sedotan jenis stainless ini, memiliki banyak bentuk dan dilengkapi dengan alat pembersih ketika kalian membeli. Sedotan ini juga bisa dipakai berulang – ulang dan mudah dibawa kemana saja.

Photo : sporteluxe.com