Tips Mudah Untuk Memancing Pompa Air Kamu!

Posted on Dibaca : 725

Hallo sahabat SHIMIZU!

Terkadang pompa air bisa saja mendadak tidak bisa bekerja dengan baik sehingga air di dalam sumur sulit untuk naik ke permukaan. Hal ini bisa jadi karena umur pompa yang sudah mulai tua. Jika terjadi kendala air sulit naik ke permukaan ataupun pompa air yang tidak dapat bekerja dengan baik tentu saja hal ini akan mengganggu aktivitas dan pekerjaan rumah tangga di rumah. Tapi kamu tidak perlu khawatir sahabat SHIMIZU, ternyata ada loh cara mudah untuk memancing pompa air kamu agar dapat bekerja seperti semula.

Nah untuk masalah yang ini kamu tidak perlu langsung membawa pompa kamu ke service center atau panggil teknisi untuk membetulkannya. Kamu bisa loh membenarkannya sendiri. Sebelum tau cara mengatasinya yuk simak dulu penyebab dari air yang tidak naik ke permukaan!

Air yang tidak naik kepermukaan bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti umur pompa yang sudah lama semakin tua umur pompa maka akan semakin lemah kinerja dari pompa itu sendiri sahabat, jika dirasa terdapat masalah secara berulang pada pompa tuamu sebaiknya kamu menggantinya dengan pompa air yang baru ya agar kinerjanya lebih maksimal.

Kemudian faktor berikutnya adalah ketersediaan sumber air. Jika pompa dalam keadaan baik tetapi tidak dapat bekerja dengan maksimal mungkin saja disebabkan karena ketersediaan air yang kurang. Hal ini bisa jadi air tidak mau ditarik ke atas karena jumlah air di sumur terlalu sedikit dan sulit untuk dihisap oleh pompa air kamu.

Faktor berikutnya adalah pemasangan pipa hisap yang salah. Untuk tahu mengapa air tidak bisa naik ke permukaan kamu harus mengecek pipa yang mengarah ke dalam sumur. Jika pipa dipasang terlalu dalam, ada kemungkinan lumpur masuk ke dalam pipa sehingga pipa tersumbat oleh lumpur. Kesalahan lain saat pemasangan pompa adalah kebocoran pada sambungan pipa, karena kebocoran itulah menjadikan air tidak mengalir secara baik.

Nah setelah mengetahui alasan kenapa air tidak mau naik ke permukaan, berikut beberapa tips mudah untuk memancing pompa air dengan mudah.

Memancing Pompa Air dengan Menggunakan Air

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk kamu coba di rumah sahabat:

  1. Pastikan pompa air dalam keadaan mati.
  2. Buka bagian tutup lubang pengisian pompa air.
  3. Masukkan air secara perlahan ke dalam lubang tersebut. Jika air meluber, segera bersihkan menggunakan kain lap.
  4. Ketika air sudah memenuhi tabung pompa, tutuplah kembali lubang tersebut dan pastikan tertutup dengan rapat.
  5. Setelah selesai, coba nyalakan mesin air dan lihat hasilnya. Jika masih belum berhasil kamu bisa ulangi dari awal.

Nah mudah bukan sahabat SHIMIZU. Kamu cukup mengulangi beberapa langkah diatas hingga air dapat menyala kembali. Tetapi ada beberapa hal yang perlu di perhatikan seperti pastikan air didalam lubang penuh sebelum ditutup kembali dan pastikan tutupnya rapat sehingga tidak mudah terbuka.

Jika masih belum bisa bekerja dengan baik setelah melakukan cara diatas, sebaiknya kamu menghubungi service center terdekat untuk diperiksa oleh teknisi pompa. Bisa jadi ada masalah lain yang harus dicek dan diperbaiki. SHIMIZU Indonesia memiliki service center resmi yang tersebar hampir di seluruh Indonesia, so kamu akan sangat mudah untuk mendapatkan service resmi dari SHIMIZU sahabat. Untuk alamat dan nomor telepon service center kota kamu bisa cek disini ya!