Tips Mudah Agar Pompa Kamu Tahan Lebih Lama!

Posted on Dibaca : 117

Hallo Sahabat SHIMIZU!

Pompa air merupakan salah satu peralatan elektronik yang banyak di temui di setiap rumah. Pompa air memiliki fungsi untuk memindahkan air dari sumber air ke tempat penampungan air (toren), dengan hal ini kamu akan lebih mudah untuk mengambil air dari sumber air.

Penggunaan pompa yang hampir setiap hari mengharuskan kamu untuk memperhatikan perawatan pompa air. Nah kali ini SHIMIZU akan berbagi beberapa tips mudah untuk yang bisa membuat pompa kamu tahan lebih lama!

Perhatikan Posisi Pompa Air

Hal pertama ialah perhatikan bagaimana kamu meletakan pompa air kamu. Penempatan pompa di luar ruangan tidak disarankan untuk dilakukan. Pompa yang terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama atau cuaca – cuaca buruk akan berpengaruh pada pompa.

Belum lagi jika terjadinya konsleting listrik yang menyebabkan pompa cepat rusak ataupun tidak bertahan lama. Sebaiknya letakkan pompa di tempat yang tertutup, salah satu contohnya bisa meletakkan pompa di bawah tangga.

Pengoperasian Pompa Air

Pompa air bisa dikatakan sebagai salah satu alat elektronik yang cukup kuat dan tahan banting, tetapi tetap saja harus berhati – hati dalam penggunaannya. Penggunaan pompa air ketika sumber air sedang kering sangat tidak disarankan, karena hal ini akan berpengaruh terhadap motor pompa air hingga menyebabkan mesin terbakar.

Oleh karena itu Sahabat SHIMIZU bisa melakukan secara berkala pengecekan sumber mata air dalam kondisi kering atau tidak. Karena kesalahan seperti ini akan mudah merusak pompa.

Bersihkan Pompa Secara Berkala

Menjaga kebersihan pompa ternyata juga dapat membuat umur pompa lebih panjang loh Sahabat. Membersihkan pompa akan membuat kinerja pompa lebih optimal dalam performanya. Jika dirasa Sahabat tidak mampu untuk melakukan pembersihan pompa sendiri, Sahabat bisa menggunakan jasa service untuk membersihkan pompa dan melakukan pengecekan pompa secara berkala agar umur pompa lebih panjang.

Daya Listrik

Berikutnya perhatikan daya listrik untuk pompa air kamu Sahabat. Pastikan daya listrik dirumah memadai untuk menyalakan pompa air, karena listrik yang tidak memadai akan membuat pompa turun dan padam secara mendadak ketika digunakan. Hal ini akan berpengaruh terhadap performa dari pompa itu sendiri.

Selain itu perhatikan juga tegangan suplai mesin pompa agar tidak berlebihan. Tegangan yang berlebihan juga akan mudah merusak pompa. Sahabat bisa menggunakan stabilizer atau alat satavol untuk membantu meredam sumber tegangan yang berlebihan.

Gunakan Saklar Terpisah untuk Pompa Air

Tips terakhir adalah untuk memisahkan saklar pompa air dengan saklar lainnya. Penggunaan saklar yang menumpuk bisa memicu percikan api yang dapat memicu terjadinya kebakaran. Jika terjadinya kebakaran bisa menjadi ancaman yang sangat berbahaya di rumah dan bisa saja memakan korban.

Nah itu dia Sahabat SHIMIZU beberapa tips yang bisa Sahabat lakukan untuk memperpanjang usia pompa di rumah. Selain bisa memperpanjang umur pompa hal – hal diatas juga akan membuat penggunaan pompa lebih aman dan nyaman.