Tips Merawat Kolam Ikan Agar Bebas dari Lumut!

Posted on Dibaca : 144

Hallo Sahabat Shimizu!

Siapa diantara Sahabat yang memiliki kolam ikan atau akuarium di rumah?. Memelihara ikan memang memiliki banyak manfaat seperti sebagai penghilang stress dan menenangkan pikiran. Jika Sahabat memiliki kolam ikan atau akuarium harus rajin – rajin dalam membersihkan dan merawatnya, agar ikan – ikan tumbuh dengan sehat.

Kolam ikan tidak akan lepas dari kotoran yang berasal dari luar kolam bahkan dari dalam kolam itu sendiri. Dari dalam kolam kotoran biasanya berasal dari kotoran – kotoran ikan. Kotoran ini akan menumbuhkan lumut, sebagian lumut bermanfaat untuk makanan alami bagi ikan tetapi ada juga yang mengganggu dan malah membuat kolam terlihat kotor tidak karuan.

Lumut juga bisa berasal dari faktor luar kolam ikan seperti sisa makanan ikan dan sinar matahari langsung yang memicu tumbuhnya spora menjadi lumut. Nah kali ini Shimizu akan berbagi tips bagaimana cara merawat kolam ikan Sahabat agar bebas dari lumut membandel!

Letakan ditempat Teduh

Memiliki kolam ikan yang besar biasanya akan diletakkan di bagian luar dari rumah. Tapi tahukah Sahabat sinar matahari langsung ke kolam ikan akan memicu tumbuhnya spora menjadi lumut. Nah sebaiknya jika ingin menempatkan kolam ikan di luar ruangan, buatlah atau letakkan ditempat yang teduh dan tidak langsung terkena sinar matahari.

Batasi Jumlah Ikan

Membatasi jumlah ikan di dalam akuarium bisa menjadi salah satu solusi mengurangi lumut pada kolam. Ikan yang tidak terlalu penuh akan membuat kolam mudah dibersihkan dan terhindari kotoran ikan yang menumpuk.

Gunakan Filter Kolam Ikan

Penggunaan filter pada kolam ikan akan membuat kondisi air lebih bersih dan berkualitas. Filter ini akan membuat sirkulasi air kolam tetap stabil. Filter kolam sendiri memiliki banyak pilihan mulai dari yang kecil hingga besar, Sahabat bisa memilih ukuran sesuai dengan kebutuhan.

Menanam Tumbuhan Air

Selain mengisi kolam dengan ikan Sahabat juga mengisinya dengan berbagai macam tumbuhan ir. Tumbuhan ini akan membantu membersihkan kolam dari lumut – lumut yang membandel. Beberapa contoh tumbuhan air yang dapat menghilangkan lumut di kolam ikan seperti eceng gondok, teratai, dan sebagainya.

Tambahkan Batu Zeolit

Menambahkan batu – batuan ternyata bisa juga loh menghilangkan lumut. Salah satu jenis batuannya adalah batu – batuan zeolit. Batu zeolit akan menyebarkan karbon aktif yang bisa menyerap zat – zat berbahaya di dalam air salah satunya adalah reduksi amonia. Sehingga kolam ikan tetap bersih dan tidak mudah berlumut.

Nah itu dia beberapa cara pencegahan yang bisa Sahabat lakukan agar kolam ikan kalian terhindar dari lumut – lumut yang membandel. Semoga bisa dipraktekan dan bermanfaat ya Sahabat Shimizu!