Tips Menjaga Kondisi Tubuh Tetap Fit Selama Bulan Puasa!

Posted on Dibaca : 17

Hallo Sahabat Shimizu!

Tidak terasa Ramadhan akan datang seminggu lagi, apakah yang paling Sahabat Shimizu rindukan selama bulan Ramadhan? Banyak hal yang menjadi khas di bulan Ramadhan seperti sahur, buka puasa bersama, penjual takjil, sholat tarawih berjamaah dan masih banyak lainnya.

Selama berpuasa tidak ada kata tidak untuk tetap beraktivitas seperti biasa. Menjalankan puasa sambil beraktivitas akan membuat puasa lebih cepat dan tidak terasa. Banyak orang yang menjadikan puasa sebagai alesan untuk bermalas – malasan, tapi tahukah Sahabat Shimizu ada loh beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh tetap segar, fit dan bersemangat selama menjalankan ibadah puasa.

Beberapa hal yang bisa Sahabat Shimizu lakukan agar badan tetap segar, fit dan bersemangat selama berpuasa:

Jangan Lupa untuk Sahur

Jangan pernah melewatkan sahur jika ingin tubuh tetap fit dan segar seharian. Sahur memiliki peran penting dalam menambah asupan energi selama seharian sampai tibanya waktu untuk berbuka. Ketika sahur Sahabat Shimizu harus memperhatikan asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh seperti karbohidrat kompleks, serat dan juga protein.

Sahabat Shimizu bisa mengonsumsi beras merah, oat ataupun gandum karena jenis makanan ini akan membuat perut kenyang lebih lama. Makanan yang tinggi serat juga penting contohnya kurma, kentang, sayuran, buah – buahan seperti pepaya, plum dan pisang.  Untuk asupan protein kalian bisa mendapatkannya dari telur, keju ataupun daging yang rendah lemak.

Istirahat yang Cukup

Selama berpuasa tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Disarankan untuk tidak tidur terlalu malam dan jangan paksakan melakukan aktivitas ketika Sahabat sudah merasa lelah. Untuk Sahabat Shimizu yang tetap bekerja, coba kurangi porsi aktivitas beratnya ketika di siang hari. Jika Sahabat masih merasa ngantuk di pagi hari kalian bisa tidur kembali setelah sahur dan sholat subuh, hal ini dikatakan sebagai amunisi sebagai bekal melakukan aktivitas selama seharian.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kekurangan cairan tubuh akan membuat tubuh lebih cepat lelah dan lemas, oleh karena itu pentingnya untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Cairan tubuh diperlukan untuk membantu proses metabolisme pada tubuh. Terlebih pada orang yang tinggal di daerah tropis dengan cuaca yang cukup panas.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh bertujuan untuk mengihdari tubuh agar tidak dehidrasi. Cairan yang dibutuhkan tubuh tidak lain adalah air putih selain itu bisa juga dengan susu ataupun jus buah segar. Disarankan ketika berbuka puasa untuk menghindari mengonsumsi kopi, soft drink ataupun teh. Lebih baik mengonsumsi buah – buahan yang kaya akan cairan seperti kurma, jeruk dan semangka.

Jangan Makan Berlebihan Ketika Berbuka Puasa Ketika akan berbuka puasa kita pasti sudah membayangkan akan mengonsumsi makanan yang banyak, padahal sebenarnya hal itu tidak baik. Berbuka puasa dengan jumlah yang cukup banyak akan membuat berat badan cepat naik dan organ tubuh menjadi kaget, karena harus mencerna makanan dengan jumlah banyak sekaligus. Dianjurkan untuk mengonsumsi segelas air dan 3 buah kurma ketika waktu berbuka, Sahabat Shimizu bisa melakukan ibadah sholat magrib terlebih dahulu baru melakukan makan berat. Hal ini akan lebih baik untuk tubuh dan menjaga nafsu makan tidak terlalu berlebih.