Tidak Hanya Cantik, Berikut Beberapa Manfaat dari Hutan Bakau

Posted on Dibaca : 10

Hallo Sahabat Shimizu! Sudah menjadi rahasia umum jika Indonesia adalah sebuah negara dengan banyak pulau. Tidak salah jika dikatakan Indonesia memiliki luat hutan bakau terbesar di dunia. Hutan bakau atau mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau, dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat – tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik

Hutan bakau atau mangrove memiliki peranan penting dan manfaat yang banyak baik langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan sekitarnya khususnya bagi penduduk pesisir. Sama seperti dengan terumbu karang, hutan bakau atau mangrove merupakan bagian dari ekosistem yang sangat produktif yang menyediakan begitu banyak manfaat bagi lingkungan dan juga manusia. Hutan bakau atau mangrove menyediakan habitat yang sangat penting bagi ribuan spesies sekaligus menstabilkan garis pantai, mencegarh terjadinya erosi dan melindungi wilayah sekitar hutan dari gelombang besar ataupun badai.  Tidak hanya itu berikut beberapa manfaat dari hutan bakau atau mangrove:

Mencegah Intrusi Air Laut

Intrusi air laut merupakan sebuah peristiwa perembesan air laut ke tanah daratan. Hal ini dapat menyebabkan air tanah menjadi payau dan tidak layak konsumsi. Hutan bakau memiliki fungsi untuk mengendapkan lumpur pada akar – akar pohon sehingga dapat mencegah terjadinya intrusi air laut.

Mencegah Erosi dan Abrasi Pantai

Erosi merupakan pengikisan permukaan tanah oleh aliran air sedangkan abrasi merupakan pengikisan permukaan tanah akibat hempasan ombak laut. Hutan Mangrove memiliki akar yang efisien dalam melindungi tanah di wilayah pesisir, sehingga dapat menjadi pelindung pengikisan tanah akibat air.

Sebagai pencegah dan penyaring alami

Hutan bakau khas dengan akan pohon bakau yang panjang dan berlumpur. Akar – akar tersebut akan mempercepat penguraian limbah organik yang terbawa ke wilayah pantai. Selain itu hutan bakau juga akan membantu mempercepat proses penguraian bahan kimia yang mencemari laut seperti minyak dan deterjen. Bentuk pohon hutan bakau yang memiliki akar yang panjang juga digunakan sebagai penghalang alami dari kencangnya angin laut pada musim – musim tertentu.

Sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa

Hutan bakau menjadi salah satu tempat tinggal yang cocok bagi banyak jenis hewan. Hewan yang biasa hidup di hutan bakau seperti biawak, monyet, burung, ular, kura – kura, dan masih banyak lainnya. Dan beberapa jenis hewan laut seperti udang, kepiting, ikan ataupun keong. Akar dari pohon bakau akan memberikan zat makanan dan menjadi kawasan perawatan bagi heman – hewan dan invertebrata yang hidup disekitarnya.

Berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir

Hutan mangrove seringkali dikatakan pembentuk daratan karena endapan dan tanah yang ditahannya menumbuhkan perkembangan garis pantai dari waktu ke waktu. Pertumbuhan hutan bakau akan memperluas batas pantai dan memberikan kesempatan bagi tumbuhan terestrial hidup dan berkembang di wilayah daratan.

Photo: reddit.com