Suka Renang? Simak Beberapa Manfaat Renang Untuk Tubuh

Posted on Dibaca : 23

Hallo Sahabat Shimizu! Siapa yang tidak suka dengan olahraga renang? Olahraga yang dilakukan di air dan tidak membutuhkan peralan khusus untuk bisa berenang. Kegiatan renang tidak hanya untuk sarana olahraga tapi juga dimanfaatkan sebagai rekreasi melepas penat. Karena renang merupakan salah satu jenis kegiatan olahraga, simak beberapa manfaat untuk renang untuk tubuh kita:

Terapi Penyakit Asma

Kegiatan berenang bisa menjadi salah satu terapi bagi penderita Asma. Gerakan – gerakan renang dapat menjadikan aliran darah menjadi lebih lancar. Selain itu renang juga meningkatkan kapasitas fungsi kerja paru – paru, dimana hal ini bermanfaat untuk mengendalikan sistem pernafasan manusia. Tetapi bagi penderita asma juga harus berhati – hati, karena terdapat kandungan disinfektan dalam air kolam renang yang dinilai kurang baik bagi penderita asma.

Meningkatkan Kekuatan Otot

Ketika berenang kita akan menggerakan seluruh anggota tubuh. Rutin melakukan olahraga renang akan berdampak pada pembentukan otot dan tulang menjadi lebih kuat, karena seluruh ototmu bergerak dan akan membentuk dengan sempurna.

Menghilangkan Strees

Ketika renang sel – sel otak akan tumbuh dan mendorong nuerogenesis hippocampal untuk melawan strees. Renang juga melancarkan aliran darah, hal ini bermanfaat untuk meningkatkan nutrisi pada otak. Jika otak sehat maka gejala gangguan mental seperti stress akan berkurang.

Menurunkan Berat Badan

Olahraga renang selain dapat menghilangkan strees dan rasa penat, ternyata renang juga bisa menurunkan berat badan. Renang selama satu jam setidaknya dapat membakar 400 – 700 kalori dalam tubuh. namun harus diikuti dengan menjaga pola makan dan hidup sehat lainnya.

Mengoptimalkan Tumbuh Tinggi Badan

Rutin melakukan olahraga renang saat masa pertumbuhan akan membantu meningkatkan tinggi badan. Ketika berenang seluruh tubuh akan bergerak secara aktif. Gaya gravitasi dalam air juga lebih kecil dibandingkan dengan di darat sehingga tekanan kebawah akan lebih kecil saat berenang, hal ini dapat membantu pertumbuhan tinggi badan.

Menghilangkan Stress dan Depresi

Faktanya menyentuh air akan membuat hati menjadi lebih tenang dan rileks. Dengan renang akan menjadikan badan lebih rileks dan meningkatkan mood. Otot mengalami peregangan dan relaksasi, dan aliran darah semakin lancar.

Mengurangi Insomnia

Dengan tubuh yang lebih tenang dan rileks, akan berpengaruh kepada pola tidur kita. Membuat tidur lebih nyenyak dan panjang.

Photo : draxe.com