Suka degan Coklat? Simak 6 Manfaat Coklat Bagi Tubuh!

Posted on Dibaca : 15

Hallo Sahabar Shimizu! Cokelat merupakan makanan yang menjadi kesukaan semua kalangan mulai dari anak kecil, remaja hingga orang dewasa menyukai cokelat. Kudapan yang terbuat dari buah kokoa ini memiliki rasa manis yang khas dan dicintai banyak orang. Selain memgenyangkan mengonsumsi cokelat juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, simak beberapa manfaat dari cokelat bagi tubuh kita:

Baik untuk Otak dan Meningkatkan Mood

Ketika seseorang merasa sedih atau tidak mood biasanya disarankan untuk mengonsumsi cokelat. Faktanya cokelat memiliki kandungan phenylethylamine (PEA), yaitu bahan kimia yang sama dengan yang dihasilkan otak ketika kamu merasa jatuh cinta. Kandungan PEA ini mendorong otak untuk melepaskan hormon endorfin sehingga kamu akan merasa lebih bahagia. Selai itu, cokelat juga mengandung zat flavonols yang dapat meningkatkan daya ingat pada orang tua dan zat anti-inflamatori yang dapat mengobati cedera otak seperti gegar otak.

Baik untuk Jantung dan Sirkulasi Darah

Salah satu jenis coklat yang baik untuk jantung ialah cokelat hitam. Dengan kadar kalori yang lebih rendah cokelat hitam dapat membantu mengembalikan fleksibilitas pada arteri dan mencegah sel-sel darah putih menempel di dinding pembuluh darah yang menyebabkan penyumbatan.

Kaya akan Kandungan Mineral

Selain untuk dikonsumsi cokelat hitam juga kayak akan mineral yang bermanfaat loh, seperti kalium, zat besi, tembaga, dan selenium. Kandungan tembaga ini akan membantu zat besi untuk membentuk sel darah merah yang sehat serta menjaga sistem imun dan saraf didalam tubuh.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi coklat dengan kadar gula rendah seperti pada dark chocolate, dapat membatu untuk menurunkan berat badan loh sahabat. Fyi nih Sahabat, mengonsumsi cokelat sebelum makan dapat lebih cepat memicu hormon di otak yang mengatakan “sudah kenyang” sehingga membantu memotong porsi makanmu. Tetapi tentu saja untuk mengkonsumsi coklat ini Sahabat harus memperhatikan dan membatasi asupan coklat, terutama untuk coklat yang mengandung kadar gula yang tinggi.

Mencegah Penyakit Diabetes

Mengonsumsi cokelat dengan kandungan gula yang tinggi secara berlebihan akan menyebabkan penyakit diabetes. Tapi tenang bagi sahabat yang sangat menyukali cokelat ada jenis cokelat yang memiliki kadar gula rendah dan tidak menyebabkan diabetes. Jenis Kakao atau dark chocolate terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Namun sahabat tetap harus mengonsumsi cokelat hitam dengan takaran yang pas ya!

Bagus bagi Kesehatan Kulit

Banyak sekali produk – produk kecantikan yang menggunakan coklat sebagai salah satu kandungannya. Beberapa produk kecantikan seperti lipbalm, body lotioan, body scrub shampo dan masih banyak lagi jenisnya. Pada cokelat hitam terdapat kandugan flavonol dan oksidan yang cukup tinggi, yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Selain itu cokelat juga dapat melembabkan kulit, mecerahkan kulit wajah dan mengatasi minyak berlebih di kulit.

Photo: ful-filled.com