Suka Bersepeda? Ini Dia 4 Cara Mudah Merawat Sepeda Kamu!

Posted on Dibaca : 44

Hallo Sahabat Shimizu!

Beberapa pekan terakhir kegiatan bersepeda sedang menjadi trend dikalangan masyarakat. Olahraga yang satu ini sangat fun dilakukan sendiri atau bersama dengan teman – teman dan keluarga. Selain sebagai sarana rekreasi olahraga bersepeda ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mengontrol berat badan, menurunkan stress dan meminimalisir terjadinya penyakit jantung.

Bagi Sahabat yang suka bersepeda, melakukan perawatan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan bersepeda. Merawat sepeda bisa dilakukan sendiri di rumah maupun membawanya ke bengkel, walaupun hal yang satu itu akan sedikit memakan biaya. Hal – hal yang perlu diperhatikan mulai dari bagian yang perlu dirawat, bagaimana cara perawatannya dan kapan waktu yang tepat.

Nah kali ini Shimizu akan berbagai tips untuk merawat sepeda Sahabat di rumah!

Jaga Kebersihan Sepeda!

Menjaga kebersihan sepeda wajib hukumnya, selain agar tetap enak dilihat kebersihan sepeda juga akan berpengaruh terhadap kualitas dari sepeda itu sendiri. Kotoran yang biasanya muncul di sepeda seperti keringat, debu, tanah ataupun kotoran lainnya. Kotoran ini bisa menyebabkan masalah jika dibiarkan terlalu lama.

Disarankan untuk mencuci sepeda secara berkala setiap 1 kali dalam 2 minggu atau sesuai dengan durasi penggunaan sepeda. Membersihkan sepeda secara berkala akan membuat sepeda tetap nyaman dan aman ketika digunakan.

Bersihkan Drivetrain Secara Berkala!

Sepeda memiliki beberapa bagian – bagian penting salah satunya adalah drivetrain yang memiliki pengaruh terhadap performa dan ketahanan sebuah sepeda. Komponen drivetrain yang paling perlu di lubrikasi adalah rantai, karena rantai merupakan komponen paling penting dalam sebuah sepeda. Tapi perlu diperhatikan juga jangan lakukan lubrikasi secara berlebihan, sebab rantai yang terlalu basah akan membuat kotoran lebih mudah menempel.

Pastikan Tekanan pada Ban!

Dalam menggunakan sepeda, tekanan pada ban sepeda harus diperhatikan. Ban yang memiliki tekanan terlalu tinggi akan berbahaya jika digunakan, sebaliknya ban yang memiliki tekanan terlalu rendah juga akan berbahaya ketika digunakan.

Tekanan ban yang pas dan sesuai akan memberikan performa yang baik bagi sepeda. Tekanan setiap ban berbeda – beda tergantung pada jenis ban, berat ban dan gaya penggunaan. Semakin tinggi ban maka akan semakin tinggi tekanan yang dibutuhkan.

Pastikan Baut dan Mur Sesuai!

Komponen penting lainnya pada sepeda adalah baut dan mur, karena mereka yang akan membuat sepeda menjadi satu kesatuan. Seiring penggunaan sepeda yang sering akan menyebabkan baut dan mur menjadi kendur dan menurun performanya. Oleh karena itu penting untuk melakukan pemeriksaan secara berkala pada baut dan mur di sepeda.

Selain dapat menurunkan performa dari sepeda, hal ini juga akan berbahaya pada keselamatan dari penggunanya sendiri. So jangan malas untuk mengecek ya Sahabat, agar bersepeda lebih aman dan nyaman.

Nahh itu dia Sahabat Shimizu beberapa tips dalam merawat sepeda. Rajin menggunakan sepeda kalian juga harus rajin merawatnya, agar menjaga sepeda tetap dalam kondisi prima dan akan nyaman serta aman ketika digunakan. Keep healthy Sahabat Shimizu!