Simak 7 Cara Mudah Mengatasi Dehidrasi Selama Puasa

Posted on Dibaca : 16

Hallo Sahabat Shimizu!

Ketika berpuasa Sahabat tidak akan mengonsumsi air kurang lebih selama 12 jam dengan tetap melakukan aktivitas seperti biasa, terkadang hal ini akan beresiko munculnya dehidrasi pada tubuh. Ada beberapa gejala yang akan timbul jika Sahabat Shimizu mengalami dehidrasi seperti sakit kepala, pusing, badan lemas dan lelah.

Faktanya tubuh terdiri dari 70% cairan, oleh karena itu penting untuk tetap menjaga konsumsi cairan tubuh. Ada banyak cara untuk tetap menajaga tubuh dari dehidrasi selama berpuasa. Berikut beberapa tips mengatasi dehidrasi selama puasa:

Konsumsi Air Sesuai dengan Kebutuhan

Setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda – beda, tergantung pada aktivitas dan kondisi fisik dari setiap orangnya. Menurut rekomendasi dari Institute of Medicine (IOM), mereka yang berusia 19 tahun atau lebih harus mengonsumsi cairan  sekitar 3,7 liter per-hari untuk pria dan sekitar 2,7 liter per-hari pada wanita.

Ketika berpuasa Sahabat Shimizu bisa melakukan aturan 2-4-2 yaitu 2 gelas air ketika sahur, 4 gelas air ketika berbuka dan 2 gelas air sebelum tidur. Hal ini dipercaya dapat bisa menjaga cairan tubuh dan menghindari dehidrasi.

Konsumsi Susu dan Air Kelapa

Selain mengonsumsi air putih Sahabat Shimizu juga disarankan untuk mengonsumsi susu dan air kelapa. Susu dan air kelapa bisa menjadi cadangan cairan tubuh selama Sahabat berpuasa. Susu mengandung protein, karbohidrat, kalsium dan elektrolit yang berguna untuk menghidari tubuh dari dehidrasi. Sedangkan air kelapa kaya akan kandungan isotonik dan elektrolit alami yang dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh ketika berpuasa.

Hindari Tidur yang Berlebihan

Tidur ketika sedang berrpuasa bisa dikatakan sebagai ibadah, banyak orang yang melakukannya untuk menghindari dehidrasi. Tetapi ternyata hal itu salah, ketika tidur tubuh akan tetap mengeluarkan cairan. Hal ini disebut insensible water loss atau kehilangan cairan tanpa terasa. Jadi ketika Sahabat  Shimizu terlalu banyak tidur, maka akan banyak juga cairan tubuh yang hilang. Tidurlah secukupnya dan tidak berlebihan. 

Hindari Mengonsumsi Teh dan Kopi

Sahabat Shimizu gemar mengonsumsi kopi ataupun teh? Sebaiknya kurangi konsumsi kopi atau teh ketika Sahabat berpuasa, karena kedua jenis minuman ini dapat mempercepat timbulnya dehidrasi.

Hindari Olahraga Berat

Untuk Sahabat Shimizu yang memiliki kegemaraan berolahraga ketika berpuasa, sebaiknya hindari dulu untuk melakukan olahraga yang berat. Sahabat bisa melakukan olahraga ringan seperti lari kecil atau jalan santai di pagi hari atau sebelum waktu berbuka puasa.

Hindari Makanan yang Terlalu Asin Mengonsumsi makanan yang terlalu asin akan menyebabkan Sahabat Shimizu cepat merasa haus. Oleh karena itu disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang terlalu asin ketika sahur tiba. Makanan yang mengandung garam berlebih akan menyebabkan seseorang cepat haus, kekurangan cairan dan dapat mempengaruhi pengaturan cairan dalam tubuh.