Sebuah Foto Buktikan Kotornya Laut Indonesia

Posted on Dibaca : 29

Tahukah Sobat Shimizu? Tingkat pencemaran laut di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Data Enviromental Health Perspectives pada 2015 lalu mengungkap, Indonesia berada pada urutan kedua dunia sebagai negara yang mencemari laut dengan 3,22 juta metrik ton sampah plastik setiap tahunnya.

Hasil foto Justrin Hofman kemudian menguatkan fakta tersebut. Fotografer alam asal Amerika itu mengabadikan foto seekor kuda laut yang melilitkan diri pada sebatang korek kuping. Bahkan, sebelumnya kuda laut sebesar 1,5 inchi itu sempat berpindah ke kantong plastik.

Hofman mendapatkan momen itu ketika ia sedang melakukan penyelaman di lepas pantai Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, akhir tahun lalu.

Hofman mengatakan, pada saat itu ia dapat mencium dan merasakan limbah yang telah menyatu dengan air laut.

Foto menyedihkan itu kemudian ia lombakan dalam kompetisi Wildlife Photographer of the Year yang diadakan oleh Natural History Museum, London. Hasilnya, Hofman berhasil keluar sebagai finalis.

Setelah melombakannya, Hofman pun mengunggah foto tersebut ke akun instaram miliknya. Ia menulis kegundahannya akan fenomena tersebut.
“Ini foto yang saya inginkan, tidak ada tapi sekarang saya ingin semua orang melihatnya”, tulis Hofman di bawah foto instagramnya, dilansir dari laman kompas.com.
“Apa yang dimulai sebagai kesempatan untuk memotret kuda laut kecil yang lucu berubah menjadi salah satu frustasi dan kesedihan saat air pasang masuk membawa banyak sampah dan kotoran yang tak terhitung”, lanjut Hofman.
Sontak foto tersebut pun langsung mendapatkan banyak tanggapan dari netizen. Mereka sangat menyayangkan kejadian yang memilukan itu.
Sungguh sedih rasanya melihat laut kita yang begitu indah berubah menjadi kotor karena tumpukan sampah. Sobat Shimizu, ayo kita bergerak untuk mejaga laut dan alam disekitar kita. Jangan sampai semua keindahan itu nantinya tidak dapat kita nikmati lagi.