Rutin Berolahraga? Simak 5 Khasiatnya Bagi Tubuh Kita

Posted on Dibaca : 57

Hello Sahabat Shimizu! Kegiatan olagraha merupakan hal yang sudah dikenal sejak dahulu kala. Olahraga yang berarti menggerakan tubuh atau badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh. Olahraga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, bisa di tempat gym, tempat – tempat kebugaran lainnya, fasilitas olahraga yang disediakaan seperti tracking jogging ataupun lapanngan olahraga, selain itu olahraga juga bisa dilakukan dirumah.

Menurut Jessika Donald olahraga adalah sebuah media pereda stress terbaik yang ada di dunia, olahraga dapat mengalirkan pikiran manusia dari rasa khawatir dan kecemasan. Dengan berolahraga akan mengurangi ketegangan otot pada tubuh sehingga tubuh akan menjadi lebih rileks. Berikut adalah beberapa khasiat olahraga rutin bagi tubuh kamu:

Memperbaiki Mood

Rutin melakukan olahraga kan berdampak pada mood yang lebih baik lagi. Ketika sahabat merasa stress atau sedang banyak pikiran cobalah untuk melakukan jalan cepat selama 30 menit ataupun olahraga ringan yang dapat memperbaiki suasana hati. Ketika berolahraga otak akan banyak melepaskan banyak hormon seperti endorphin dan neurotransmitter yang dapat mempengaruhi suasana hati.

Menghindari Obesitas

Kurang bergerak atau kurang berolahraga adalah salah satu faktor dari faktor utama dalam penambahan berat badan dan obesitas. Jika seorang mengalami obesitas bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya banyak penyakit lain seperti gula, jantung, stroke, dan darah tinggi. Melakukan olahraga secara rutin akan membuat lemak didalam tubuh lebih cepat dan banyak yang terbakar. Dibarengi dengan mengontrol asupan makanan minuman yang masuk ke dalam tubuh akan mempercepat proses penurunan berat badan dan akan membuat tubuh lebih sehat.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Ketika berolahraga tubuh akan mengalami perbaikan fungsi kerja tubuh salah satunya mengatuh ritme sirkadian. Rutin berolahraga akan membuat tubuh lebih segar di siang hari dan tidur nyenyak pada malam harinya, hal ini akan berdampak pada kualitas tidur yang lebih baik. Tetapi disarankan untuk tidak melakukan olahraga dimalam hari, jika terpaksa lakukan minimal 3 – 4 jam sebelum waktu tidur.

Tubuh Lebih Tegap

Salah satu tujuan yang banyak diincar orang untuk olahrag adalah untuk membentuk tubuh dan memperbaiki bentuk tubuh. Setiap gerakan yang dilakukan ketika berolahraga akan merangsang semua bagian tubuh agar menjadi lebih fleksibel. Olahraga juga membuat otot menjadi lebih elastis dan tidak kaku ketika digerakan. Menurut Kathleen, rutin melakukan olahraga sejak kecil akan membuat postur tubuh menjadi lebih tegap dan tidak membungkuk ketika berjalan.

Membuat Kulit Lebih Sehat

Rutin melakukan olahraga akan memperbaiki sirkulasi peredaran darah menjadi lebih lancar.  Sirkulasi darah yang baik akan membawa dampak positif pada kesehatan kulit kalian. Dengan peredaran darah yang lancar akan menyuplai oksigen dan nutrisi dengan baik untuk kulit. Ketika kulit mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi akan berdampak pada kesehatan kulit. Kulit menjadi lebih lembap dan tampak cerah lebih merata. 

Baca juga : Olahraga Bungee Jumping dan Bersepeda

Photo : sortbeauty.com