Rumah Bocor? Ini Dia Tips Mengatasi Rumah Bocor!

Posted on Dibaca : 8

Hello Sahabat Shimizu!

Ketika musim hujan mulai tiba salah satu masalah yang biasa ditimbulkan yaitu atap yang bocor. Atap bocor bisa disebabkan oleh banyak hal seperti atap yang jarang diperiksa, tidak lancarnya saluran air yang berada di atap, lapisan atap yang rusak, membran yang rusak, pipa bocor hingga geteng yang rusak/bolong/tergeser.

Air yang rembes dari atap yang bolong akan merusak furniture didalam rumah, selain itu bisa juga merusak lapisan cat di dinding. Untuk menghindari hal ini, ada cara yang bisa dilakukan sebelum musim atap bocor ini terjadi, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

Cara yang pertama bisa dilakukan adalah melakukan pengecekan atap secara rutin. Titik yang rentan mengalami bocor pada atap rumah adalah pada saluran air ataupun bagian dekat pipa. Pengecekan berfungsi untuk mengetahui apakah terjadi kerusakan, mampet pada saluran air, ataupun atap yang bergeser.

Ketika melakukan pengecekan periksa juga adakah genangan air atau bagian – bagian atap yang mulai rapuh dan harus di ganti, jika memang ada ganti dengan yang baru sebelum terjadinya kerusakan yang lebih besar. So pentingnya untuk rutin melakukan pengecekan apalagi ketika musim hujan tiba.

Cara berikutnya gunakan water proofing untuk atap Sahabat. water proofing berguna untuk menambal kebocoran yang terjadi pada atap rumah agar tidak bermasalah lagi. Bagian atap yang bocor dapat ditambal dengan water proofing karena cat ini memiliki kandungan liquid yang anti air sehingga tidak rembes dan bocor.

Hal berikutnya yaitu rutin membersihkan talang air yang kotor. Sampah seperti daun – daun kering bisa menghambat jalannya air, tidak dapat menampung dan mengalirkan air. Jika hal ini dibiarkan ketika musim hujan tiba talang air tidak akan bisa menampung air hujan dan kemudian akan terjadi bocor yang merembes kedalam rumah. So jangan lupa untuk mengecek dan membersihkan talang air secara rutin ya Sahabat.

Faktor lain yang mempengaruhi atap bocor adalah genteng yang bergeser disebabkan oleh angin ataupun hewan yang lewat di atas atap rumah kita. Untuk hal yang satu ini Sahabat cukup merapihkan kembali posisi genteng yang terbuka dan pastikan susunannya rapih dan tidak ada sela lubang yang bisa menyebabkan bocor ataupun rembes.

Hal yang terakhir, Sahabat juga harus memperhatikan kemiringan atap rumah. Atap rumah terdiri dari rangka kayu yang kuat dan tidak rapuh, kemiringan atap juga harus diperhatikan agar kuat menangkal air hujan secara optimal meskipun tertiup angin kencang dan mengurangi terjadinya rembes dan bocor.

Pemasangan atap rumah disarakan pada kemiringan 25 hingga kurang dari 40 derajat. Jika melebihi dari 40 derajat genteng berpotensi merosot sehingga rembes. Sahabat harus menempelkannya secara permanen menggunakna paku agar kuat dan tidak mudah terjatuh.

Nahh itu dia Sahabat Shimizu beberapa cara pencegahan dari atap bocor yang bisa dilakukan. Lakukan hal ini sebelum musim hujan dan ketika musim hujan tiba ya Sahabat, agar terhindar dari musibah atap bocor!