Punya Tanaman Dirumah? Ini Waktu Terbaik untuk Menyiram Tanaman

Posted on Dibaca : 5

Hallo Sahabat Shimizu! Memiliki tanaman dirumah? Kegiatan berkebun memang bukan hal yang mudah. Tidak banyak orang memiliki ketelatenan untuk bisa merawat atau melakukan kegiatan berkebun. Tetapi tahukah Sahabat Shimizu bahwa berkebun memiliki banyak manfaat selain untuk mempercatik rumah. Selain untuk relaksasi, berkebun juga bisa dijadikan sebagai terapi penenang untuk mereka yang kurang bisa mengontrol emosinya.

Untuk menyiram tanaman ada beberapa waktu tertentu yang dianjurkan, agar tanaman bisa tumbuh dengan maksimal dan tidak cepat mati. Berikut beberapa waktu menyiram tanaman:

Pagi Hari

Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk menyiram tanaman, hal ini cocok dengan siklus pertumbuhan alami tanaman. Ketika pagi tanaman siap untuk mengonsumsi air ketika matahari sudah terbit namun belum terlalu tinggi. Tanaman yang terhidrasi dengan baik akan lebih bertahan lama dibandingkan dengan tanaman yang kekurangan air. Disarankan untuk menyiram tanaman sebelum jam 10 pagi, hal ini berguna untuk memastikan air terserap ke dalam tanah dan mengering sebelum sinar matahari terlalu panas.

Sore Hari

Jika pagi hari Sahabat Shimizu tidak sempat, kalian bisa menyiram tanaman di sore hari. sore hari ketika sinar matahari sudah terasa tidak terlalu panas, dengan begitu tanaman tidak akan terbakar dan air masih bisa menyerap dengan sempurna sebelum malam datang. Disarankan untuk menyiram tanaman setelah jam 4 sore, ketika sudah tidak terlalu panas.

Malam Hari

Sebenarnya menyiram tanaman dimalam hari tidak disarankan, karena ketika malam hari tanaman sulit untuk menyerap air dengan baik karena sudah tidak ada sinar matahari. Menyiram tanaman pada malam hari dibutuhkan jika terpaksa, yaitu ketika tanaman berada dalam kondisi sangat membutuhkan air dan tidak bisa menunggu lagi. Jika terpaksa harus menyiram, gunakan air yang lebih sedikit agar tanaman tidak terendam dengan air. 

Photo: newdarlings.com