Punya Kolam Renang Dirumah? Berikut Tips Merawatnya!

Posted on Dibaca : 28

Hallo Sahabat Shimizu!

Memiliki kolam renang pribadi dirumah memang menjadi impian banyak orang. Olahraga renang sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti meningkatkan kekuatan otot, menyehatkan jantung, latihan kardio, menurunkan berat badan, menghilangkan stress dan masih banyak lagi. Waktu yang baik untuk berenang adalah di pagi hari antara jam 7 sampai jam 9 pagi dan malam hari mulai dari jam 6 sampai jam 8 malam. Sahabat bisa melakukannya 3 kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit.

Adanya kolam renang dirumah selain sebagai fasilitas olahraga bisa juga sebagai sarana terapis medis, tempat rekreasi, dan meningkatkan nilai rumah. Untuk perawatannya Sahabat Shimizu tidak perlu sering – sering untuk menguras dan membersihkannya seperti bak mandi. Yang paling penting untuk kolam renang kalian harus menjaga sirkulasi air dan filterasinya serta rutin menambahkan cairan pembersih kolam atau kaporit.

Kali ini Shimizu akan berbagi tips bagaimana cara mudah membersihkan dan merawat kolam renang pribadi kalian Sahabat Shimizu. Menguras dan membersihkan kolam renang memang gampang – gampang susah. Apalagi jika kalian harus mengganti air kolam renang karena sudah kotor atau berbau. Tetapi jangan sedih Sahabat, Shimizu Indonesia memiliki pilihan pompa yang dapat membantu pekerjaan menguras air kolam renang kalian menjadi lebih mudah.

Pompa Celup SPW-500 BIT ini salah satu pilihannya Sahabat Shimizu. Pompa ini bisa digunakan untuk membantu pekerjaan kalian dalam menguras air kolam renang. Selain itu ada beberapa tahap yang harus diperhatikan dalam pembersihan dan perawatan kolam renang.

Perhatikan Kondisi Air

Ketika akan menguras perhatikan kondisi air pada kolam renang, apakah airnya masih jernih atau sudah keruh. Jika air sudah keruh, itu tandanya sudah waktnya air harus diganti dengan yang baru. Ada beberapa bahan kimia yang bisa Sahabat Shimizu gunakan untuk menjaga kebersihan air kolam renang contohnya klorin. Klorin berfungsi untuk mengikat kotoran agar air tetap bersih. Penggunaan klorin disarankan di sore atau malam hari ketika sudah tidak ada sinar matahari. Ada beberapa bahan lain yang bisa digunakan seperti cyanuric acid dan algaecide.

Membersihkan kerak – kerak pada Dinding Kolam Renang

Ketika akan membersihkan bagian dalam kolam renang jangan lupa untuk mengosok bagian dinding kolam renang secara merata. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kerak – kerak yang menempel dan membersihkan lumut yang tumbuh. Lakukan secara menyeluruh agar kolam bersih mengkilap.

Bersihkan Permukaan Kolam Renang

Terkadang pada air kolam renang terdapat guguran daun, kotoran, serangga dan lain sebagainya yang mengambang bebas di permukaan air. Hal ini juga tidak luput dari kegiatan merawat kolam renang loh Sahabat Shimizu. Kalian bisa menggunakan jaring halus untuk mengangkat kotoran. Kotoran yang mengambang di permukaan air ini dapat memicu pertumbuhan bakteri dalam air dan bisa menyebabkan penularan penyakit tertentu seperti penyakit kulit.

Menggunakan Filter Air Disebut filter air karena alat ini memiliki fungsi untuk menyaring air pada kolam renang. Hal ini penting untuk memastikan air tetap bersih dan biasanya penggunaanya menggunakan energi listrik.