Punya Kolam Ikan di Rumah? Ini Tips Membersihkannya!

Posted on Dibaca : 18

Hallo Sahabat Shimizu!

Siapa diantara kalian yang dirumahnya memiliki kolam ikan atau aquarium? Memelihara ikan dirumah memang memilik banyak manfaat seperti sebagai sarana pereda stress, menyegarkan pikiran, bisa dijadikan inspirasi, penyegar ruangan dan masih banyak lagi.

Tetapi terkadang banyak juga yang ragu untuk bisa memiliki aquarium karena tidak mau direpotkan dengan perawatan aquarium dan ikan – ikan peliharaannya. Eitts jangan ragu dulu Sahabat Shimizu, kami punya tips mudah untuk merawat kolam ikan kalian loh! Kalian bisa melakukan kegiatan ini di sela – sela waktu kosong selama lagi #dirumahaja.

Untuk membersihkan kolam ikan yang kotor akibat kotoran ikan atau sampah – sampah yang masuk kedalam kolam tidak membutuhkan tenaga ahli, kalian bisa melakukannya sendiri Sahabat Shimizu. Membersihkan kolam ikan sebaiknya dilakukan minimal 1 kali dalam sebulan atau ketika air sudah terlihat keruh dan kotor. Air yang kotor akan membuat ikan stress dan hidupnya tidak bergairah.

Kunci membersihkan kolam ikan ada pada tahap membersihkannya, harus teratur ya Sahabat Shimizu! Untuk peralatan tidak perlu barang mahal yang canggih, kalian bisa menggunakan barang – barang sederhana. Oiya jangan lupa untuk menguras kolam ikan minimal 2 bulan sekali. Hindari penggunaan deterjen atau sabun yang dapat membunuh ikan, dan gunakan air sumur yang baik.

Siapkan Peralatan

Untuk peralatan Sahabat Shimizu tidak membutuhkan alat khusus untuk membersihkan kolam ikan. Peralatan yang dibutuhkan seperti jaring serokan ikan, busa atau spons, sikat, ember dan selang air.

Cara membersihkannya

  1. Matikan mesin sirkulasi air. Kemudian pindahkan seluruh ikan menggunakan serokan ke dalam ember yang sudah diisi air bersih.
  2. Buka lubang saluran pembuangan dan diamkan selama 10 – 20 menit (ini tergantung pada ukuran kolam yang dikuras) sampai air benar – benar terbuang semua.
  3. Ketika air sudah tersisa sedikit, gosok bagian dasar dan dinding kolam dengan menggunakan sikat. Bersihkan pula beberapa element pada kolam seperti hiasan atau batu – batuan koral. Pastikan kalian membersihkan secara merata dan mengangkat semua sisa kotoran yang menempel.
  4. Setelah digosok hingga bersih, kini waktunya membilas. Basahi busa atau spons dengan air, kemudian tempelkan pada bagian yang akan dibersihkan angkat kemudian peras. Lakukan proses ini berulang – ulang hingga air kolam semua terangkat.
  5. Semprotkan air bersih ke seluruh kolam. Gunakan air secukupnya yang penting merata ke seluruh kolam, hal ini bertujuan agar proses pembilasan sempurna dan tidak boros air.
  6. Pastikan semua sisa kotoran dan sisa air bilasan terangkat menggunakna busa. Gosok busa keseluruh bagian dinding kolam, peras dan bersihakn busa dari kotoran. Lakukan hal ini sampai kolam kering dan bersih.
  7. Setelah bersih isi kolam menggunakan air bersih hingga penuh. Nyalakan pompa sirkulasi air agar lebih banyak mengandung oksigen. Tunggu 15 – 20 menit baru kalian masukkan ikan kembali kedalam kolam.

Setelah membersihkannya tampilan kolam akan terlihat lebih bersih dan segar. Ikan – ikan pun akan lebih aktif, sehat dan bergairah. Jangan malas untuk membersihkan dan mengganti air kolam ikan kalian ya Sahabat. Agar ikan – ikan kalian tetap hidup sehat dan berkembang dengan baik.