PSBB Lagi? Ini Dia Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Kamu!

Posted on Dibaca : 68

Hallo Sahabat Shimizu!

Dengan kondisi seperti sekarang ini menjaga kesehatan tubuh menjadi lebih penting dan sangat harus diperhatikan loh. Karena imun yang melemah akan membuat tubuh lebih mudah terserang virus dan penyakit. Jika selama tidak dibutuhkan sebaiknya Sahabat tetap berada di dalam rumah yaa. Tetapi jika memang diharuskan keluar rumah tetap lakukan protokol kesehatan, gunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak dengan orang sekitar.

Ada banyak yang hal bisa dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh. Berikut ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imun tubuh kamu!

Olahraga Secara Rutin

Virus dapat menyerang siapa saja dan dimana saja. Untuk itu memiliki tubuh yang sehat dan imun yang baik adalah kuncinya. Salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat adalah dengan melakukan olahraga. Sahabat tidak perlu melakukannya setiap hari, kalian bisa melakukan minimal 2 – 3 kali dalam seminggu dengan durasi 30 – 60 menit persesi.

Di masa pandemi seperti ini Sahabat bisa melakukan olahraga di rumah untuk menghindari kerumunan. Sahabat bisa melakukan treadmil, angkat beban, lari – lari kecil mengelilingi pekarangan rumah, zumba, yoga ataupun cardio di dalam rumah. Selain tubuh akan menjadi lebih sehat, imun tubuh juga akan bertambah dan menjaga tubuh tidak mudah terpapar virus jahat.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Tahukan Sahabat 80% sel imun tubuh berada di saluran pencernaan loh. Hal ini sejalan dengan diharuskan Sahabat untuk mengonsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh. Dalam memenuhi kebutuhan asupan gizi Sahabat bisa mengkonsumsi makanan sehat sehat seperti perbanyak sayur dan buah – buahan. Makanan yang dikonsumsi juga harus memenuhi gizi yang seimbang ya Sahabat seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

Menghindari Stres dan Bersikap Rileks

Banyak memikirkan hal tidak penting akan membuat kita stress dan menimbulkan penyakit pada tubuh. Semakin stress seseorang maka akan semakin turun pula antibodi dan sel darah putih di dalam tubuhnya. Untuk menghindari stress Sahabat bisa meluangkan waktu sejenak di tengah padatnya kesibukan sehari – hari. Menenangkan pikiran dan membuatnya lebih rileks akan membuat antibodi menguat dan tubuh lebih fit.

Tidur Cukup

Salah satu dari tubuh yang mudah terserang penyakit adalah kurangnya waktu tidur. Kurang tidur akan membuat badan cepat letih dan meningkatkan risiko menurunnya imunitas tubuh kita. Biasanya orang yang kurang tidur akan lebih mudah terkena flu atau infeksi lainnya. Oleh karena itu dianjurkan oleh para dokter untuk mencukupi waktu tidur kalian Sahabat yakni 7 – 8 jam sehari demi tubuh yang sehat dan imun yang baik.

Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Nah tips yang terakhir untuk meningkatkan imun tubuh adalah dengan berjemur dibawah panasnya sinar matahari. Berjemur memiliki manfaat untuk membangun kekebalan tubuh jika Sahabat melakukannya dengan cara yang benar.

Untuk berjemur disarankan antara pukul 08:00 – 10:00 WIB. Cukup lakukan berjemur selama 10 – 15 menit per sesinya dan Sahabat bisa melakukannya 2 – 3 kali dalam seminggu. Berjemur akan meningkatkan produksi vitamin D yang memiliki manfaat untuk kekebalan tubuh.

Nah itu dia beberapa hal yang bisa Sahabat lakukan dirumah untuk meningkatkan imun tubuh. Jaga kesehatan tubuh dan tetap lakukan protokol kesehatan ya Sahabat Shimizu! Keep healthy!