Pompa Kamu Macet? Ini Tips Menanganinya!

Posted on Dibaca : 18

Hallo Sahabat Shimizu!

Air merupakan kebutuhan yang penting untuk sehari – hari. Penggunaan air diperlukan untuk banyak hal seperti mandi, memasak, minum, menyiram tanaman ataupun lain sebagainya. Zaman sekarang untuk mendapatkan stock air di rumah biasanya Sahabat akan menggunakan pompa air untuk membantu mengambil air tanah dan dialirkan keseluruh rumah. Oleh karena itu menjaga mesin air juga menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan.

Ketika putaran pada pompa air melambat dan tidak seperti biasanya itu akan membuat Sahabat kesusahan atau kesulitan untuk mendapatkan air. Jika terjadi kondisi seperti ini Sahabat Shimizu harus segera melakukan pemeriksaan dan tindakan awal untuk dapat mengantisipasi kerusakan pompa air yang lebih fatal.

Melambatnya putaran mesin pompa air bisa disebabkan oleh banyak hal seperti  bearing (laher) aus, pecah, kumparan terbakar. Jika terjadi hal seperti ini tindakan yang bisa langsung dilakukan adalah dengan penggantian spare part.

Selain itu pompa air yang melambat bisa juga disebabkan karena adanya kerusakan pada mesin pompa. Kerusakan pada kapasitor, kapasitor pada pompa air berfungsi untuk membantu kumparan utama untuk memulai putarannya. Jika terjadi kerusakan ringan pada kapasitor akan membuat fungsinya sedikit melemah dan berdampak pada putaran mesin yang bergerak tidak normal seperti lemah atau melambat. Tanda kerusakan pada bagian ini biasanya ditandai dengan fisik yang melepuh dan sedikit melendung (kembung) pada bodynya.

Dalam kondisi kerusakan berat pada kapasitor, dia tidak akan sanggup lagi untuk bekerja. Hal tersebut akan ditandai dengan mesin pompa air yang hanya terdengar mendengung namun tidak berputar. Solusi yang bisa Sahabat lakukan adalah dengan menggantinya dengan kapasitor yang baru untuk mengatasi mesin pompa yang lambat. Jika Sahabat di rumah menggunakan Pompa Air Shimizu, Sahabat akan dengan mudah melakukan penggantian ataupun konsultasi tentang pompa air yaa. Sahabat bisa langsung mengunjungi service center terdekat di kota Sahabat. Service center resmi dari Shimizu tersedia disetiap kota – kota loh Sahabat, kalian bisa cek lokasi service center resmi Shimizu disini.