Pilihan Ikan – ikan Sehat untuk Kamu yang Diet!

Posted on Dibaca : 37

Hallo Sahabat SHIMIZU!

Indonesia dianugerahi dengan hasil ikan lautnya yang sangat melimpah. Memiliki banyak sekali pilihan jenis ikan dengan nilai nutrisi yang sangat tinggi. Tahukah kamu Sahabat ternyata ikan – ikan laut memiliki kandungan lemak baik dan protein yang sangat melimpah loh.

Mengkonsumsi ikan dianggap bagus untuk melawan beberapa jenis penyakit seperti penyakit jantung, meningkatkan kualitas otak dan meningkatkan kualitas kesehatan mental. Selain sehat untuk dikonsumsi ternyata ada beberapa jenis ikan yang baik jika dikonsumsi ketika sedang diet.

Beberapa jenis ini memiliki kalori yang tidak terlalu besar dan cocok untuk Sahabat SHIMIZU yang sedang menjalani program diet. Mau atau apa saja? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Ikan Salmon

Jenis ikan yang pertama adalah salmon. Ikan yang kaya akan kandungan omega 3 ini dipercaya dapat mendorong kesehatan jantung kita. Harga ikan salmon ternak biasanya akan lebih murah dibandingkan dengan ikan salmon hasil tangkapan liar.

Perbedaan harga ini dikarenakan proses penangkapannya yang lebih sulit dan ikan salmon liar hasil tangkapan liar memiliki kandungan vitamin dan mineral yang jauh lebih tinggi. Menurut sebuah riset kesehatan, semakin tua dan besar ikan salmon akan semakin tinggi pula kandungan merkuri di dalamnya. Oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsi ikan salmon dalam keadaan segar.

Ikan Kod

Ikan Kod dikatakan sebagai salah satu makanan tersehat di dunia. Ikan ini kaya akan kandungan fosfor, niacin, omega-3 dan vitamin B12. Setiap 3 ons ikan Kod mengandung 20 gram protein baik. Daging ikan Kod sangat memberi manfaat bagi penderita aterosklerosis dan mereka yang memiliki kondisi jantung diabetes.

Pada sebuah penelitian mengatakan, orang yang rutin mengkonsumsi ikan Kod akan memiliki kondisi jantung yang lebih baik dan memiliki resiko lebih rendah terkena serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Ikan Tuna

Ikan berikutnya ialah ikan tuna, tidak hanya memiliki rasanya yang nikmat ikan ini juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh loh. Rutin mengkonsumsi ikan tuna dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menyehatkan sistem reproduksi.

Ikan tuna kaya akan vitamin B12, vitamin D, kalsium dan besi. Selain itu ikan tuna juga mengandung protein yang rendah lemak. Jenis ikan ini juga kerap direkomendasikan untuk anak – anak dan ibu hamil karena memiliki kandungan yang baik untuk tubuh.

Tetapi ada yang harus Sahabat SHIMIZU perhatikan ketika menyantap ikan tuna kalengan. Daging ikan tuna mengandung kadar sodium yang tinggi. Jadi bagi Sahabat harus memperhatikan asupan garam ketika menyantap tuna kalengan ya!

Ikan Sarden

Ikan sarden merupakan satu – satunya ikan berminyak yang kaya akan kandungan vitaminnya. Ikan sarden memiliki nutrisi yang lebih banyak untuk kulit dan tulang. Manfaat ikan sarden untuk kesehatan ialah dapat melindungi dari penyakit jantung, kanker jenis tertentu hingga membantu menguatkan tulang.

Selain itu ikan sarden juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengontrol tekanan darah. Ikan yang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh ini memiliki harga yang cukup murah dan banyak disajikan dalam kalengan yang banyak dijual di pasaran.

Ikan Lele

Jenis ikan terakhir adalah ikan lele. Ikan dengan rasanya yang manis dan dagingnya yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lele memiliki kandungan vitamin dan lemak yang rendah kalori. So sangat direkomendasikan untuk memasukan ikan lele kedalam menu diet kamu Sahabat SHIMIZU.

Berdasarkan data dari badan perlindungan lingkungan alam mencatat ikan lele sebagai ikan yang paling banyak dikonsumsi. Hal ini karena potensi kandungan merkurinya yang paling rendah dan rasanya yang lezat.

Nah itu dia Sahabat SHIMIZU pilihan ikan – ikan yang kaya akan nutrisi dan rendah kalori. Jadi sangat cocok untuk Sahabat yang sedang menjalani program diet. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, jenis ikan – ikan ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan otak. So jangan lupa untuk makan ikan ya Sahabat SHIMIZU!