Naik Kendaraan Umum? Ini Protokolnya di Era New Normal

Posted on Dibaca : 8

Hallo Sahabat Shimizu!

Siapa diantara Sahabat yang sudah mulai aktif melakukan kegiataan seperti biasa? Masa new normal seperti sekarang ini sangatlah penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Selain rutin mengonsumsi makanan bergizi, mengonsumsi vitamin dan tetap rajin mencuci tangan ada beberapa protokol yang wajib Sahabat Shimizu ikuti untuk dapat menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari penyebaran virus covid-19 ini.

Salah satu yang banyak dikhawatirkan dari new normal ini adalah penggunaan transportasi umum yang banyak digunakan masyarakat. Kekhawatiran muncul tentang kebersihannya, kepadatan penumpang baik di dalam kendaraan ataupun di stasiun dan halte. Hal ini menyebabkan kekhawatiran akan penularan virus covid-19.

Untuk meminimalisir penyebaran ada beberapa protokol yang harus dilakukan ketika Sahabat Shimizu hendak keluar rumah ataupun menggunakan transportasi umum, yaitu:

Masker

Penggunaan masker akan menjadi sangat penting di masa new normal ini. Penggunaan masker dimanfaatkan sebagai pencegahan penularan covid-19 di transportasi umum dan kantor. Ada banyak jenis masker yang bisa Sahabat gunakan sehari – hari mulai dari masker medis yang berwarna hijau (penggunaannya hanya untuk satu kali pakai) ataupun masker kain yang kini sudah mulai banyak dijual dipasaran.

Penggunaan masker kain ternyata memiliki efektivitas yang sama dengan penggunaan masker medis jika digunakan dengan tepat dan benar. Oiya Sahabat, disarankan untuk memiliki beberapa stock dari masker kain agar bisa diganti – ganti setiap harinya. Masker kain ini juga lebih awet karena bisa dicuci dan digunakan lagi ketika kering.

Hand Sanitizer

Barang yang wajib dibawa setiap akan keluar rumah adalah hand sanitizer. Hand sanitizer berguna untuk membersihkan tangan ketika Sahabat sulit menemukan tempat untuk mencuci tangan dengan sabun. Hand sanitizer yang disarankan adalah yang memiliki kandungan alkohol setidaknya 60%, karena kandungan dibawah ini tidak mampu membersihkan tangan dari virus dan bakteri secara efektif. Dan kandungan alkohol yang terlalu tinggi hingga mencapai 90% juga tidak dianjurkan karena akan membuat tangan Sahabat menjadi kering.

Face shield

Face shield atau penggunaan kaca mata juga disarankan untuk digunakan ketika Sahabat Shimizu akan keluar rumah apalagi ketika akan menggunakan transportasi umum. Face shield dapat melindungi mata dari penyebaran virus covid-19 dan partikel bahaya lainnya.

Sekarang face shield sudah banyak tersedia dipasaran, jadi akan lebih mudah untuk membelinya. Tetapi jika tidak ingin menggunakan face shield Sahabat bisa menggunakan kacamata bening atau kacamata hitam untuk menghindari penyebaran virus.

Tisu Kering dan Tisu Basah

Barang berikutnya yang wajib ada ditas ketika berpergian adalah tisu kering dan tisu basah. Penggunaan tisu kering akan berguna untuk mengeringkan tangan setalah mencuci tangan dengan air, sementara penggunaan tisu basah berguna untuk membersihkan barang – barang seperti permukaan meja, dudukan toilet ataupun yang lainnya.

Helm

Jika Sahabat Shimizu menggunakan transportasi umum seperti ojek online sangat disarankan untuk membawa helm sendiri. Penggunaan helm yang bersama – sama akan meningkatkan penularan virus covid-19 ini. Jadi sangat disarankan untuk membawa helm sendiri agar terhidar dari penyebaran virus covid-19.

Peralatan Pribadi

Nah untuk yang satu ini dimaksudkan untuk membawa peralatan makan ataupun ibadah sendiri. Sekarang ini sudah banyak dijual 1 set peralatan makan yang berisi sendok, garpu, sumpit, sedotan stainless dan pembersihnya lebih praktis bukan Sahabat Shimizu? Peralatan ibadah pribadi juga disarankan untuk dibawa seperti sajadah ataupun mukena.

Nah itu dia beberapa peralatan yang harus digunakan dan dibawa ketika Sahabat akan keluar rumah. Tetap menjaga kesehatan dan kebersihan agar selalu terhindar dari virus Covid-19 yang masih menyebar luas ini. Stay Healthy Sahabat Shimizu!