Menanam Dilahan Kecil? Ini Dia Tipsnya!

Posted on Dibaca : 28

Hallo Sahabat Shimizu!

Selama PSBB ini apa saja kegiatan kamu dirumah? Ada beberapa hal menyenangkan yang bisa Sahabat lakukan dirumah loh salah satunya adalah bercocok tanam. Faktanya bercocok tanam dapat dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan stres dan membuat mood lebih baik loh.

Kegiatan yang satu ini juga bisa dilakukan bersama dengan keluarga lainnya di rumah. Kegiatan menanam juga tidak harus selalu menggunakan lahan yang luas dan besar, untuk Sahabat yang memiliki lahan kecil dan sempit dirumah juga bisa loh memiliki kebun dirumah. Ada beberapa tips untuk kamu yang ingin memiliki kebun mini di rumah, berikut beberapa tips mudahnya!

Tanam Vertikal

Sahabat yang memiliki lahan yang sempit bisa menggunakan metode tanam vertikal. Dengan menyusun tanaman secara vertikal akan membuat lahan yang dibutuhkan lebih sedikit dan tidak membutuhkan tempat yang luas. Menyusun dari atas ke bawah dengan menggunakan papan atau pagar yang ditempelkan pada dinding.

Hindari Penggunaan Pot Besar

Penggunaan pot akan membutuhkan lahan yang luas untuk menatanya coba ganti dengan menggunakan kantong – kantong tanaman atau wadah dengan ukuran yang lebih kecil. Wadah – wadah tersebut bisa diisi dengan tanah dan kemudian diberikan tanaman. Dengan menggunakan kantong – kantong akan mempermudah Sahabat ketika akan menggantungnya di dinding.

Hidroponik

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan metode hidroponik yaitu metode menanam tanpa menggunakan tanah. Cara ini lebih berfokus pada pemberian nutrisi kepada tanaman. Dengan media tanam bisa berupa pot pot kecil atau pipa, yang menjadikan berkebun lebih praktis dan hemat tempat. Sahabat juga bisa meletakkannya di bagian dalam atau luar ruangan loh.

Tanaman Gantung

Cara berikutnya adalah dengan menggantung tanaman. Menggunakan pot dengan ukuran kecil yang kemudian diberikan penyangga untuk menyangkutkan pada bagian plafon rumah atau di gantung di dinding – dinding rumah. Teknik ini juga akan membuat tanaman terlihat lebih rapi dan cantik.

Pilih Tanaman yang Sesuai Ukuruan

Jika Sahabat memiliki lahan yang kecil untuk berkebun sebaiknya pilihlah tanaman yang ukurannya tidak terlalu besar, karena jika terlalu besar sudah dipastikan tanaman tersebut akan membutuhkan lahan yang lebih luas untuk tumbuh dan tidak bisa di lahan kecil.

Kebun Tingkat

Nah cara terakhir Sahabat bisa membuat kebun bertingkat. Dengan menggunakan kayu atau papan yang dibuat tersusun rapi ke arah atas. Sahabat bisa menata tanaman secara cantik dan rapi. Dan pastinya teknik ini tidak membutuhkan ruangan yang luas.

Oke itu dia Sahabat Shimizu beberapa tips untuk berkebun dengan penggunaan lahan yang kecil. Jika Sahabat niat dalam memiliki kebun jangan lupa untuk merawatnya yaa! jangan lupa diberikan pupuk dan disiram sesuai dengan cara perawatan tanaman masing – masing. Sahabat bisa menggunakan pompa Shimizu untuk membantu mengalirkan air, karena pompa Shimizu sedotannya kuat semburannya kencang!