Mau Pasang Pompa Air? Ini Beberapa Hal Penting yang Wajib Diperhatikan!

Posted on Dibaca : 368

Hallo sahabat SHIMIZU!

Air bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer disetiap rumah. Hal ini karena penggunaan air yang dibutuhkan dalam banyak aspek seperti untuk memasak, mandi, untuk di konsumsi, untuk bersih – bersih dan masih banyak kegiatan lainnya. Oleh karena itu adanya air sangat penting dalam kehidupan sehari – hari.

Penggunaan pompa air merupakan salah satu solusi untuk mempermudah untuk mengakses air dari sumber air. Pompa air akan bekerja mengalirkan air dari sumber air yang kemudian disimpan pada tempat penyimpanan air (toren). Karena penggunaannya yang hampir setiap hari Sahabat SHIMIZU harus merawat pompa dengan baik.

Selain merawat pompa air, ketika baru akan memasang pompa juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pompa dapat bekerja dengan baik dan tahan lebih lama. Oke sahabat SHIMIZU berikut beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika akan memasang pompa!

Pastikan Daya Listrik Stabil

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika akan memasang pompa air adalah daya listriknya. Sahabat SHIMIZU harus memperhatikan daya listrik, hal ini akan berdampak pada keawetan dari mesin pompa yang digunakan. Daya listrik yang tidak stabil akan mempengaruhi kinerja pompa sehingga kinerjanya tidak maksimal. Selain itu pengecekan daya listrik juga bisa untuk mencegah terjadinya arus pendek listrik yang dapat menyebabkan korsleting listrik.

Lokasi Penempatan Pompa

Berikutnya yang harus diperhatikan adalah lokasi dimana kamu meletakan pompa air. Pompa air memiliki beberapa jenis ada yang bisa diletakkan di atas permukaan tanah ataupun dimasukkan kedalam pipa dan direndam bersama air (ini tipe submersible deep well pump). Lokasi yang cocok untuk meletakan pompa air adalah lokasi yang dekat dengan sumber air. Hal ini kan berpengaruh pada kinerja pompa yang lebih maksimal.

Pasang Ditempat yang Mudah Terlihat

Hal penting berikutnya adalah pastikan tempatnya mudah terlihat dan ditemukan. Hal ini bukan tanpa alasan, dengan lokasi pompa yang mudah terlihat akan memudahkan dalam pengawasan pompa dan perbaikan pompa jika terjadinya masalah. Selain itu sahabat SHIMIZU juga harus memastikan pompa berada di tempat yang teduh dan tidak langsung terkena sinar matahari. Jika diletakan di luar ruangan pastikan sahabat SHIMIZU menambahkan cover/penutup pompa di atasnya untuk melindungi pompa.

Perhatikan Jalur Pipa Air

Hal terakhir ialah perhatikan jalur pipa air ketika akan memasang pompa. Sebelum memasang disarankan untuk mengukur jarak jalur pipa air dengan benar dan tidak berlebihan. Hal utama lainnya ketika akan memasang pipa air adalah pastikan jalur pipa tidak terlalu berkelok – kelok. Jalur yang terlalu berkelok – kelok akan berisiko membuat pipa bocor hingga merusak pompa karena harus bekerja lebih ekstra dan tidak maksimal. So jangan salah perhitungan untuk jalur pipanya ya sahabat SHIMIZU!

Nah itu dia 4 hal yang harus diperhatikan sebelum memasang pompa air ya! Pemasangan pompa air bisa sahabat SHIMIZU lakukan sendiri atau memanggil teknisi profesional ya! Jika ada yang ingin sahabat tanyakan seputar pompa air sahabat bisa mengunjungi social media SHIMIZU atau service center terdekat di kota kamu ya! Untuk alamat service center terdekat kamu bisa cek disini!