Manfaat Mengkonsumsi Ikan untuk Tubuh!

Posted on Dibaca : 27

Hallo Sahabat Shimizu!

Siapa diantara Sahabat yang suka mengonsumsi ikan? Ikan mengandung sumber protein yang baik bagi tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam ikan, yaitu asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Selain itu, ikan juga mengandung vitamin D, protein yang tinggi, yodium, kalsium dan berbagai nutrisi penting.

Tapi masih banyak orang yang belum sadar akan fakta yang satu ini, padahal mengkonsumsi ikan memiliki banyak manfaat terutama untuk anak – anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Sahabat bisa mengkonsumsi ikan secara langsung ataupun minum multivitamin yang sudah memiliki kandungan protein ikan. Berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi ikan!

Membantu Pertumbuhan Otak dan Tulang pada Anak

Ikan kaya akan asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan otak, selain itu terdapat kandungan kalsium, fosfor dan vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang tulang pada anak. Selain 2 kandungan tadi ikan juga memiliki banyak kandungan lainnya seperti vitamin B2, zat besi, zink, yodium, magnesium dan kalium yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang anak secara maksimal.

Menurunkan Resiko Serangan Jantung dan Stroke

Ikan dianggap sebagai salah satu makanan yang sangat menyehatkan dan dipercaya bisa menurunkan resiko serangan jantung bahkan stroke. Penelitian menunjukkan bahwa, orang yang mengkonsumsi ikan secara teratur memiliki resiko serangan jantung dan stroke yang lebih rendah. Jenis ikan yang berlemak memiliki manfaat yang lebih bagi kesehatan jantung karena memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi.

Mengurangi depresi

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi ikan akan lebih meningkatkan efektivitas obat antidepresan, dibandingkan jika Sahabat hanya mengonsumsi obat antidepresan saja. Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan dapat membantu mengatasi gangguan mental lainnya, seperti gangguan bipolar. Omega 3 merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk fungsi otak yang sehat.

Mengurangi Resiko Penyakit Autoimun

Rajin mengkonsumsi ikan ternyata bermanfaat juga untuk mengurangi resiko penyakit autoimun. Sebuah penelitian mengatakan, dengan mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3 dapat mengurangi resiko terhadap penyakit autoimun atau diabetes pada anak dan orang dewasa. Penyakit autoimun bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Tubuh yang mengalami kekurangan vitamin D dapat menyebabkan sulit tidur dan durasi tidur menjadi lebih singkat. Beberapa penelitian menunjukkan kekurangan vitamin D juga dapat meningkatkan resiko sleep apnea. Ikan memiliki kandungan vitamin D yang sangat cocok untuk memperbaiki kualitas tidur Sahabat.

Nah itu dia Sahabat beberapa manfaat dari mengkonsumsi ikan secara teratur. Kandungan ikan yang kaya akan mineral dan vitamin memang sangat baik untuk tubuh. So jangan lupa dan malas untuk mengkonsumsi ikan ya Sahabat Shimizu!