Manfaat Baik di Balik Minyak Kayu Putih

Posted on Dibaca : 6

Hallo Sahabat Shimizu!

Siapa yang suka dengan aroma minyak kayu putih? Minyak kayu putih yang dihasilkan dari penyulingan daun dan ranting kayu putih. Minyak ini banyak digunakan sebagai minyak pengobatan dan dibalurkan ke seluruh tubuh. Minyak kayu putih memiliki khasiat yang beragam seperti sebagai penghangat tubuh, pelemas otot dan mencegah perut kembung.

Minyak kayu putih bisa digunakan oleh siapa saja mulai dari bayi, orang dewasa hingga orang tua karena efeknya yang bisa menghangatkan tubuh. Selain 3 khasiat tersebut ternyata minyak kayu putih memiliki banyak khasiat lainnya untuk tubuh, ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak ulasan berikut!

Mencegah Gigitan Serangga

Manfaat pertama dari minyak kayu putih adalah dapat mencegah gigitan serangga. Gigitan serangga seperti nyamuk dan semacamnya dapat membahayakan kesehatan kita loh Sahabat. Jadi disarankan untuk menggunakan minyak kayu putih atau lotion nyamuk dengan kandungan minyak kayu putih. Dipasaran sudah banyak dijual lotion dengan kandungan minyak kayu putih ini, jadi Sahabat tidak perlu repot untuk menggunakannya secara terpisah.

Meredakan Batuk

Manfaat berikutnya minyak kayu putih dipercaya dapat meredakan batuk. Beberapa obat batuk yang dijual dipasaran memiliki kandungan minyak kayu putih didalamnya. Menggosokkan minyak kayu putih di bagian dada dan tenggorokan akan merekan gejala batuk karena flu, hal ini dikarenakan efek hangat dari minyak kayu putih.

Menyegarkan Pernafasan

Jika Sahabat memiliki masalah bau mulut, minyak kayu putih bisa menjadi salah satu solusinya. Minyak kayu putih memiliki kandungan zat antibakteri yang berguna melawan penyebab bau mulut. Dan kini di pasaran sudah mulai muncul berbagai macam produk obat kumur dan pasta gigi dengan bahan aktif minyak kayu putih.

Meringankan Sakit Kepala

Manfaat lainnya dalah untuk meringankan sakit kepala. Minyak kayu putih dipercaya mampu meredakan sakit kepala dan memberikan efek hangat pada tubuh. Walau begitu hindari penggunaan minyak kayu putih pada area mata ya Sahabat.

Sebagai Aroma Terapi

Karena memiliki aroma yang menenangkan dan dapat memberikan efek hangat untuk tubuh, menggunakan minyak kayu putih sebagai aroma terapi merupakan pilihan yang tepat. Menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih pada aromaterapi Sahabat akan memberikan efek nyaman, menenangkan, menghilangkan cemas dan meningkatkan konsentrasi.

Meredakan Kondisi Sinusitis dan Asma

Jika Sahabat memiliki keluhan batuk atau pilek, menggunakan minyak kayu putih bisa menjadi salah satu obatnya. Minyak kayu putih bermanfaat untuk mengatasi masalah pada pernafasan seperti asam dan sinusitis. Minyak kayu putih akan mengurangi cairan seperti dahak pada saluran penafasan dan melancarkan masuk keluarnya udara.

Menghilangkan Ketombe Manfaat terakhir dari minyak kayu putih adalah dapat menghilangkan ketombe. Jika Sahabat mengalami rambu ketombean Sahabat harus coba tips yang satu ini. Campurkan minyak kayu putih dengan minyak kelapa, perbandingannya 1:1. Kemudian oleskan secara merata pada bagian kulit kepala dan pijat lembut selama 20 menit, setelahnya keramas seperti biasa dan bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin jika ingin hasil yang lebih maksimal.