Manfaat Air Hujan untuk Keseharianmu!

Posted on Dibaca : 3

Hallo Sahabat Shimizu! Sekarang kita sedang berada di musim hujan, dimana siklus terjadinya hujan akan lebih sering dibandingkan dengan musim kering. Banyak orang yang menganggap hujan mengganggu dan menghambat kegiatan sehari – hari. Tapi taukah Sahabat, air hujan itu adalah sebuah berkah yang diberikan tuhan untuk memenuhi kebutahan manusia dan seluruh mahluk hidup untuk bertahan hidup.

Taukah Sahabat bahwa air hujan memiliki banyak manfaat bagi hidup kita? Seorang pakar mengatakan bahwa air hujan mengandung senyawa polutan yang menguap dari laut dan terbawa oleh rintikan hujan, tetapi senyawa itu akan hilang dengan sendiri setalah air hujan jatuh ke bumi dan menyerap ke tanah. So Sahabat tidak perlu khawatir untuk menggunakan air hujan untuk kegiatan sehari – hari.

Membersihkan Kulit

 Air hujan yang sudah turun selama 20 menit dapat Sahabat gunakan untuk mandi, karena mengandung pH basa dan zat alkali yang dapat menjaga elastisitas dan kelembapan kulit. Zat yang terkandung juga dapat mengatasi masalah bisul, jerawat dan ruam pada kulit.

Mencegah Kanker

Salah satu zat yang ada di dalam hujan adalah pH alkali. pH basa yang terkandung dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel – sel kanker karena mampu menetralkan pH darah layaknya antioksidan. Pengobatan jenis ini sudah banyak digunakan di India, dimana para pasien disarankan untuk meminum air hujan pada saat bulan pertama musim hujan karena mengandung pH alkalinya yang sedang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh

Untuk di Konsumsi

Faktanya air hujan dapat di konsumsi, karena air huja memiliki kandungan pH yang aman untuk dikonsumsi. Pengonsumsian air hujan ini juga harus melewati proses pemasakan hingga matang, untuk membunuh kuman – kuman yang masih hidup.

Membantu Pekerjaan Rumah Tangga

Setelah melalui beberapa proses air hujan dapat digunakan untuk membantu pekerjaan rumah tangga seperti mencuci piring, mencuci pakaian, membersihkan lantai bahkan mencuci kendaraan. Air hujan bisa digunakan setalah melalui beberapa tahap seperti menampung, mendiamkan selama satu jam, memasak hingga bersih dan steril agar kebersihan rumah tetap terjaga.

Menyiram Tanaman

Air hujan diyakini memiliki kandungan baik untuk menutrisi dan menyuburkan tanah pada tanaman. Tidak membutuhkan proses yang panjang, untuk digunakan menyiram tanaman. Ketika hujan sedang berlangsung bisa dengan mudah menyiram tanaman tanpa harus menampung air terlebih dahulu.

Photo : foursquare.com