Manfaat Air Beras untuk Kulit Wajah!

Posted on Dibaca : 23

Hallo Sahabat Shimizu!

Setiap orang pasti menginginkan kulit yang sehat, bersih dan cerah. Ada banyak cara untuk mendapatkan kulit yang sehat, bersih dan cerah tersebut. Sahabat bisa menggunakan obat atau cream – cream, skin care, mengatur pola makan dan berolahraga.

Salah satu cara tradisional yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan air beras. Sering kali setelah mencuci beras Sahabat akan membuat air cuciannya tersebut, faktanya air bekas cucian beras ini memiliki manfaat baik untuk kecantikan kulit wajah.

Manfaat dari air cucian beras ini tidak bisa dianggap sepele, karena air bekas cucian beras ini kaya akan kandungan gamma-oryzanol yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan dari paparan sinar UV. Air bekas cucian beras ini juga banyak dijadikan sebagai bahan dasar kosmetik. Mau tau apa saja manfaatnya untuk kulit wajah? Berikut manfaatnya!

Mencerahkan Kulit

Mencuci wajah dengan menggunakan air beras dipercaya mampu untuk mencerahkan kulit. Air beras kaya akan kandungan gamma-oyzanol yang bermanfaat untuk membuat kulit wajah terlihat lebih cerah.

Meredakan Iritasi dan Menenangkan Kulit Wajah

Ketika kulit mengalami iritasi Sahabat Shimizu bisa menggunakan air bekas cucian beras untuk meredakan iritasinya dan menenangkan kulit wajah. Kandungan allantoin pada air cucian beras dapat meredakan iritasi tersebut.

Menangkal Radikal Bebas

Air cucian beras mengandung ferulic acid yang merupakan antioksidan alami yang berasal dari kulit buah – buahan, kacang – kacangan ataupun biji – bijian seperti beras. Ferulic acid ini memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Menghilangkan Bintik Hitam

Selain untuk mencerahkan kulit, air cucian beras bisa digunakan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah. Air cucian beras memiliki kandungan vitamin E yang mampu memudarkan pigmentasi pada kulit, meski efektivitasnya masih perlu diteliti lebih lanjut.

Mengatasi Jerawat

Air cucian beras dipercaya juga bisa mengatasi jerawat pada kulit wajah. Dengan kandungan pati yang berada di dalamnya bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi eksim atopik. Meski bergitu, efektifitasnya masih belum bisa dipastikan dan harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

Meredakan Peradangan pada Kulit

Kandungan allantoin dan pitera pada air cucian beras dipercaya dapat membantu meringankan peradangan pada kulit. Untuk penggunaannya Sahabat bisa gunakan air cucian beras sebagai air bilasan, toner ataupun pendingin wajah. Nah itu dia beberapa manfaat dari air cucian beras. Jadi jangan langsung membuang bekas air cucian beras ya Sahabat Shimizu karena ada banyak manfaat untuk kulit wajah kamu.