Mandi Setelah Olahraga Bahaya? Ini Faktanya!

Posted on Dibaca : 26

Hallo Sahabat SHIMIZU!

Setelah berolahraga badan akan terasa lengket dan gerah, hal ini biasanya akan membuat ingin segera mandi agar tubuh menjadi lebih segar dan bersih. Tetapi ada sebuah mitos yang mengatakan mandi setelah berolahraga itu tidak boleh karena bisa menyebabkan penyakit. Ingin tahu faktanya? Yuk simak ulasan berikut!

Mandi setelah berolahraga memang bisa membuat tubuh lebih segar, meredakan nyeri otot, nyeri sendi, membersihkan keringat dan bakteri pada kulit. Tapi sebenarnya boleh tidak langsung mandi setelah berolahraga? jawabannya tentu tidak boleh!

Kenapa mandi setelah olahraga tidak boleh? Ketika berolahraga jantung akan bekerja lebih cepat, memompa darah yang kaya akan oksigen ke otot lebih banyak dari biasanya. Hal ini menjadikan suhu tubuh meningkat dan detak jantung berdenyut lebih cepat.

Jika Sahabat SHIMIZU langsung mandi setelah berolahraga maka pembuluh darah akan melebar dan membuat Sahabat lebih mudah terserang penyakit bahkan serangan jantung. Oleh karena itu disarankan untuk memberikan jeda waktu antara setelah berolahraga dan ketika akan mandi. Lakukan pendinginan terlebih dahulu minimal 20 menit baru kemudian Sahabat SHIMIZU mandi.

Lalu sebaiknya mandi menggunakan air panas atau air dingin ya? Faktanya mandi dengan air hangat atau air dingin setelah olahraga sama baiknya, tetapi harus diberikan jeda waktu antara selesai berolahraga dengan waktunya mandi.

Mandi dengan menggunakan air hangat akan membuat aliran darah lebih lancar ke seluruh tubuh, menenangkan otot dan memulihkan otot serta sendi. Selain itu mandi dengan air hangat juga akan membuat tubuh lebih rileks.

Sedangkan mandi dengan menggunakan air dingin dapat mengurangi resiko terjadinya radang otot atau rasa nyeri yang dihasilkan oleh olahraga yang terlalu intens. Mandi dengan air dingin juga akan membuat tubuh lebih segar.

So mandi setelah berolahraga tidak akan mengancam kesehatan tubuh jika diberikan jeda waktu antara olahraga dan mandi. Pastikan ketika Sahabat SHIMIZU mandi membersihkan tubuh dengan sempurna dari ujung kaki hingga kepala, agar tubuh terbebas dari kuman dan tubuh kembali segar! Keep healthy Sahabat SHIMIZU!