Langkah Mengurangi Limbah Kemasan

Posted on Dibaca : 18

Sampah plastik telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia. Banyak warga menggunakan plastik sekali pakai seperti kantong plastik, gelas, sedotan, botol, dan juga lainnya. Sampah-sampah tersebut sudah tidak terhitung jumlahnyadan salah satu kumpulan sampah tersebut berada di Samudera Pasifik dan memilki luas dua kali lipat luas daratan negara Amerika Serikat. Tumpukan tersebut terkumpul dalam kurun waktu 50 tahun dan terus bertambah luas dengan cepat.

Penelitian di Nature menunjukkan bahwa “sumber dari daratan, bukan sumber dari laut, yang dianggap sumber utama masuknya plastik ke lautan”. Ini termasuk sampah plastik—rumah tangga dan komersial—yang secara sengaja maupun tidak sengaja dibuang ke laut. Untuk itu, mari bersama menghindari tumpukan sampah yang semakin luas lagi dengan cara berikut ini!

1. Mulai Menggunakan Botol Minum

Setiap tahunnya, hampir 3 juta ton sampah plastk di seluruh dunia berasal dari botol air minum kemasan sekali pakai. Untuk itu, pilihlah botol-botol minuman yang bisa digunakan berkali-kali, agar limbah plastik dapat berkurang.

2. Membawa tas belanjaan sendiri

Sekitar 500 miliar hingga satu triliun benda yang dibuang oleh manusia setiap tahunnya adalah sampah kantong plastik sekali pakai dan sampah jenis ini membutuhkan waktu 1000 tahun untuk dapat terurai. Menggunakan dan membawa tas belanjaan sendiri dapat menjadi pilihan untuk mengurangi sampah plastik.

3. Menggunakan produk yang tidak dikemas

Produk yang dijual di pasaran tentunya akan menarik apabila kemasannya juga menarik. Berbeda sekali dengan produk yang tidak dikemas. Namun, dikarenakan dapat menimbulkan sampah, maka ada baiknya untuk memilih makanan tanpa kemasan plastik

4. Daur Ulang

Konsep 3R (reduce, reuse, recycle ) dapat diterapkan ketika tidak dapat mengurangi atau menggunakan kembali kemasan plastik. Jangan lupa untuk memotong-motong kemasan yang sudah digunakan menjadi langkah yang mesti dilakukan untuk mempermudah proses daur ulang.