Keuntungan Memiliki Aquarium di Rumah!

Posted on Dibaca : 6

Hallo Sahabar Shimizu! Aquarium adalah sebuah wadah atau tempat buatan yang dibentuk menyerupai habitat asli pada ekosistemnya. Biasanya aquarium diletakan disudut ruangan ataupun sebagai penghias ruangan agar terlihat lebih segar dan sebagai penyalur hobi. Aquarium memiliki banyak jenisnya mulai dari aquarium kecil yang di dapat diletakan diatas meja sampai aquarium besar.

Aquarium biasanya berisi ikan – ikan dan tumbuhan laut. Melihat ikan – ikan itu bergerak dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Sebuah studi Environtment and Behavior mengatakan bahwa melihat aquarium berisi ikan yang berenang dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Hal ini didasari dari penelitian yang dilakukan ahli National Marine Aquarium, Plymouth University dan University of Exeter Inggris yang mengatakan bahwa kondisi fisik dan respons mental seseorang ketika melihat aquarium.

Sering kali banyak orang yang berfikir dua kali untuk memiliki aquarium, karena banyak yang berfikir bahwa mengurus aquarium itu ribet dan menyusahakan. Apalagi jika harus menyediakan waktu untuk membersihkan dan menguras aquarium Sahabat. Dan jika tidak dibersihkan aquarium akan terlihat kotor dan berbau. Dibalik kesulitan yang ada, ada juga berbagai manfaat yang diberikan dari memiliki aquarium dirumah, seperti:

Bermanfaat untuk Obat Strees

Strees yang terjadi akibat kelelahan dalam bekerja atau sedang banyak pikiran, Sahabat harus menenangkan diri salah satunya dengan melihat aquarium. Gerakan ikan – ikan yang berwarna – warni, berlari, mengumpat ataupun bermain dengan gelembung didalam aquarium dan tumbuhan hijau segar yang bergerak mengikuti alir air ternyata dapat memberikan efek tenang dan mengalihkan perhatian dari hiruk pikuk rutinitas kehidupan.

Bermanfaat untuk Menyehatkan Jantung

Menurut ahli kesehatan, melihat panorama indah dalam aquarium dapat menjadi terapis yang berguna bagi kesehatan jantung Sahabat. Ketika melihat ikan didalam aquarium Sahabat akan merasa tenang, santai, tekanan darah menjadi lebih normal serta melemaskan otot – otot.

Bermanfaat untuk Terapi

Menurut penelitian memandang ikan didalam aquarium menjadi salah satu terapi yang efektif untuk beberapa jenis penyakit hingga gangguan mental. Seperti alzeimer, anak yang hiperaktif sampai penderita autis. Pada penderita alzeimer, memandang aquarium secara rutin akan berdampak pada penurunan tingkat agresifnya, meningkatkan nafsu makan dan menjadikan pikirannya lebih stabil. Keindahan yang diberikan aquarium didalam rumah dapat mengontrol dan meredakan emosi yang berlebihan.

Menurunkan Tekanan Darah

Kegiatan memelihara ikan didalam aquarium dapat menjadi tempat untuk relaksasi yang bertujuan untuk menurunkan tekanan darah. Melihat pemandangan aquarium yang tenang akan berdampak positif untuk kesehatan tubuh kita.

Menumbuhkan Kasih Sayang

Melihat keindahan aquarium dapat menimbulkan rasa cinta dan kasih sayang untuk membiarkannya tetap ada. Ketika rasa kasih sayang dan cinta itu muncul, akan muncul juga rasa untuk menjaga, merawat dan melindunginya. Memberikan perawatan terbaik pada ikan – ikan tersebut. Ketulusan yang muncul akan berdampak positif bagi kesehatan mental manusia.

Memberikan Inspirasi

Penataan aquarium yang apik dan memiliki warna – warni yang mempercantik tampilan aquarium dapat menginspirasi siapa saja yang melihatnya. Permainan warna yang cerah akan membuat imajinasi kita bermain. Melihat ikan didalam aquarium dengan tiruan habitat aslinya dapat menstimulasi otak kreatif dan meningkatkan daya kreatif seseorang. Stimulasi yang diberikan akan membuat ide – ide baru bermunculan.

Photo : homelitus.com