Keindahan Alam Bali yang Tersembunyi

Posted on Dibaca : 33

Bali dikenal dengan keindahan alamnya. Kecantikan pantai, bawah laut, alam yang masih sangat natural menjadi salah satu daya tarik turis domestik bahkan internasional untuk datang ke Bali. Memilki iklim tropis dan udara yang masih segar menjadi nilai tambah. Tidak hanya kecantikan pada pantai dan bawah lautnya, Bali juga memiliki pesona yang cantik pada air terjun yang tersembunyi. berikut beberapa air terjun cantik yang bisa Sahabat kunjungi di Bali:

Photo via: komangayutriadnyani

Air Terjun Banyumala

Berlokasi di Desa Wanagiri (dekat Danau Buyan), Air Terjun ini menyajikan kecantikan yang tersembunyai. Untuk menuju ke air terjun Banyumala Sahabat harus melalui jalan yang curam, namun setibanya disana semua usaha tersebut akan terbayar dengan pemandangan yang sangat indah. Memiliki dua air terjun yang letaknya berdampingan, memberikan sebuah kecantikan dan keindahan alam yang luar biasa.

Mendengar suara curahan air melewati celah dinding bebatuan di antara hamparan pepohonan yang hijau, sebelum akhirnya mencapai kolam alami dengan air yang jernih. Berenang, berendam ataupun hanya sekedar bermain air di pinggiran adalah beberapa jenis kegiatan yang bisa dilakukan disana, ukuran kolam yang tidak terlalu dalam membuat tempat ini begitu nyaman untuk tempat istirahat dan sekedar menikmati keindahan alam.

Air Terjun Tibumana

Awalnya lokasi Air Terjun Tibumana sangat terisolaso, baru beberapa tahun belakang ini mulai dimuka untuk umum karena potensi atraksi alam yang diberikan. Berlokasi di Desa Apuan, Kabupaten Bangli. Air Terjun Tibunama memiliki kecantikan yang sangat memukau dengan sepasang air terjun yang hampir simetris dan terlihat seperti tirai air yang menutupu gua di bagian bawahnya. Air Terjun Tibuman memiliki ketinggan mencapai 20 meter, dengan dikelilingi dinding – dinding bebatuan alam yang besar dan menghijau terselimuti lumut, pepohonan, serta kolam dengan air yang sangat bening.

Sumber : @bali_heaven2017

Air Terjun Gitgit

Berlokasi di kawan bedugul yang berjarak 2 jam dari Kuta, Bali. Air terjun ini memiliki pesona cantik dengan hamparan batu – batu besar disekelilingnya. Lokasi yang mudah ditemukan karena terletak di pinggir Jalan Raya Bedugul – Singaraja, menjadi salah satu tempat favrorit bagi warga sekita dan juga para wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Ketinggian air terjun yang mencapai 35 meter, Air Terjun Gitgit menjadi air terjun yang cukup tinggi di Bali.  Debit air yang dihasilkan pun cukup deras saat menghujani tebing yang diselimuti lumut. Sepanjang jalan menuju lokasi air terjun, Sahabat juga akan melihat hamparan kebun cengkih, kopi, dan juga sawah yang terhampar luas.

Photo via: Dwi Sucipta BlackMajesty Photography

Air Terjun Sekumpul

Keindahan alam Bali lainnya dapat ditemukan di Air Terjun Sekumpul. Memilik ketinggian air terjun 100 meter, menjadikan salah satu yang tertinggi di Bali. Terletak di Desa Sekumpul, Buleleng, Air Terjun ini memberikan tidak hanya dengan satu atau dua air terjun saya, melainkan Sahabat akan disuguhkan dengan tujuh air terjun yang sangat cantik. Dikelilingin oleh alam yang masih sangat terjaga dan udara yang sejuk.

Walaupun memuliki kecantikan yang luar biasa untuk mecapai air terjun ini terbilang cukup sulit. Sahabat harus menuruni banyak pijakan yang licin dan menyeberangi sungai agar dapat melihat air terjun ini dari dekat. Dengan sedikit biaya ekstra, Sahabat dapat meminta tolong penduduk sekitar untuk mengantar aja hingga ujung jalan, di mana selanjutnya Sahabar harus berjalan sejauh kurang lebih 50 meter agar dapat menikmati keindahan air terjun. Tetapi kesulitan itu akan terbayar lunas setelah tiba di Air Tejun Sekumpul tersebut.

sumber : @wisatabali

Air Terjun Jembong

Salah satu air terjun yang wajib di kunjungi Sahabar ketika berlibur ke Bali. Air terjun yang terletak di desa Ambengan, Kabupaten Buleleng ini berjarak sekitar 6 kilometer dari ibu kota Singaraja.  Karena letaknya di atas bukit, sehingga Sahabat perlu berjalan kaki sekitar 200 meter dari tempat parkir. Sepanjang perjalana menuju air terjun Sahabat akan menemukan hamparan perkebunan coklat di kanan kiri jalan.

Berbeda dengan yang lainnya, sekeliling air terjun ini di tanami dengan taman-taman ditata sangat rapi dan terjaga dengan baik. Karena keindahannya inilah, pengunjung dibuat nyaman dan betah dengan kecantikan alam yang diberikan. Memiliki ketinggian air 15 meter pada tingkat pertama, Sahabat bisa mandi di bawah guyuran air terjun. Pada tingkatan keduanya berada di bawah dan membentuk kolam penampungan alamadi dengan kedalaman 1 meter. Sahabat bisa berendam, berenang ataupun sekedar bermain air sembari menikmati kesejukan alamnya. Air Terjun ini juga di lengkapi dengan fasilitas penunjang sudah disediakan seperti toilet, kamar mandi, ataupun gazebo sebagai peneduh ketika hujan datang.

#shimizuindonesia #bintangnyapompair #shimizucintabumi #liburan #staycation