Jenis-jenis Tanaman Kaktus!

Posted on Dibaca : 9

Hallo Sahabat SHIMIZU

Memiliki tanaman hias di rumah akan memberikan kesan rumah lebih segar dan asri. Selain dapat mempercantik ruangan di rumah kalian, tanaman hias juga dapat menghilangkan stres loh. Jenis tanaman hias memang sangat beragam, mulai dari yang murah hingga yang mahal.

Variasi ukuran dari tanaman hias juga sangat beragam, mulai dari yang kecil hingga besar. Dan dari perawatan yang mudah hingga yang membutuhkan perawatan khusus. Sebagai pemula kalian bisa memiliki tanaman kaktus sebagai tanaman hias dirumah.

Memelihara kaktus tidak membutuhkan banyak perawatan, kalian cukup menyiram tanaman hias ini sesekali saja. Selain itu kalian juga harus memastikan bahwa kaktus berada ditempat yang cukup untuk terkena sinar matahari, karena matahari mempunyai peran dalam pertumbuhan kaktus.

Dengan sinar matahari yang cukup dan memiliki drainase tanah yang baik, adalah 2 hal kunci utama tanaman kaktus dapat tumbuh sehat dan baik. Tentu hal ini tidak sulit bukan? Kaktus sendiri memiliki banyak jenis dan ukuran. Berikut ini beberapa jenis tanaman kaktus yang cocok untuk ditanam dirumah yaitu:

Angel Wings Cactus

Kaktus Opuntia Albispina atau Angel Wings Cactus merupakan kaktus yang berasal dari negara Meksiko. Kaktus jenis ini berasal dari keluarga kaktus berduri yang menumbuhkan kelompok rambut dengan jarak yang sama dari duri tajam di tubuhnya. Seperti kaktus kebanyakan, kaktus Angel Wings ini membutuhkan sinar matahari penuh sepanjang hari untuk dapat tumbuh dengan baik. Selain itu untuk perawatannya kamu cukup basahi tanah jika dirasa sudah kering dan tidak perlu menyiram secara berlebihan.

Rat Tail Cactus

Untuk kalian yang tidak memiliki lahan luas untuk tanaman, jenis kaktus yang satu ini bisa menjadi solusinya. Rat Tail Cactus atau Kaktus Ekor Tupai ini bisa banget loh di tanam di dalam pot gantung. Kalian cukup menyediakan media pot untuk tumbuh kembangnya dan letakkan kaktus pada tempat yang memiliki paparan sinar matahari langsung. Perawatannya juga sangat mudah, cukup siram tanah secara teratur jika sudah terlihat mulai mengering. Jika kalian beruntung kaktus ini akan tumbuh dengan baik sehingga kaktus ini akan memiliki bunga berwarna magenta yang mekar loh.

Christmas Cactus

Untuk kalian yang mencari kaktus dengan warna cerah Christmas Cactus ini bisa menjadi jawabannya. Kaktus cantik ini memiliki bentuk tabung berwarna merah, pink, orange dan putih. Untuk perawatan kaktus ini kalian cukup meletakkannya di dalam area yang tidak langsung terkena sinar matahari dan pastikan kalian menyiramnya ketika tanah terlihat mengering.

Old Lady Cactus

Variasi kaktus cantik lainnya jatuh kepada kaktus Old Lady Cactus ini, Kaktus Old Lady memiliki ciri khas bulu dan duri yang berwarna putih. Jika kaktus tumbuh dengan sehat dia akan menghasilkan bunga berwarna merah muda seperti mahkota di atas kepalanya. Untuk perawatannya kalian bisa meletakkan kaktus ini pada pot berpasir dan menyiramnya setiap minggu. Selain itu pastikan juga kaktus mendapat pencahayaan matahari yang cukup ya.

Barrel Cactus

Variasi kaktus terakhir adalah Barrel Cactus. Kaktus yang memiliki ciri – ciri duri panjang dan kaku yang melindungi tubuhnya ini dapat tumbuh maksimal hingga 10 kaki jika diletakkan di luar ruangan. Jenis kaktus ini juga sangat membutuhkan sinar matahari langsung dan pot besar yang berisi pasir. Untuk perawatannya kalian cukup menyiramnya ketika tanah jika terlihat mengering, jangan siram air terlalu banyak ya jika ingin kaktus tumbuh sehat dan cantik.