Jenis – jenis Pilihan Ikan Hias untuk Pemula

Posted on Dibaca : 116

Hallo Sahabat Shimizu!

Siapa disini yang baru ingin mulai memelihara ikan hias dirumah? Memelihara ikan hias bisa menjadi salah satu hobi yang sangat menyenangkan dan dapat meredakan stress loh Sahabat. Pemeliharaan ikan hias bisa dikatakan cukup mudah dan tidak akan merepotkan Sahabat. Kalian cukup menyiapkan kolam ikan atau aquarium dan pelet sebagai makanan ikannya.

Ikan hias sendiri memiliki banyak jenisnya, jika kalian pemula dalam hal memelihara ikan kalian bisa memulai dari jenis ikan hias yang mudah perawatnnya. Selain itu kalian bisa memilih ikan hias sesuai dengan selera kalian, ikan hias memiliki bentuk yang beraneka ragam dan cantik – cantik. Kali ini Shimizu punya beberapa rekomendasi jenis ikan hias bagi pemula yang bisa kalian pelihara di rumah:

Ikan Mas Koki

Ikan mas koki atau goldfish memiliki banyak variasi ukuran dan warna. Ikan ini memiliki keunikan pada kepala yang bergelembung dan ekornya yang melambai – lambai. Ikan mas koki merupakan pilihan yang cocok bagi kalian yang memiliki aquarium tanpa heater (pemanas). Ikan mas koki cocok pada suhu 16 – 23 derajat celcius.

Dalam pemeliharaan ikan mas koki kalian harus pastikan mengganti 10 persen air setiap minggunya. Mengolah air dengan deklorinator (anti klorin) juga disarankan, apalagi jika kalian menggunakna air kran (PDAM) untuk mengisi aquarium.

Ikan Louhan

Benjolan pada kepala ikan louhan menjadi daya tarik sendiri bagi ikan ini. Semakin besar benjolannya, maka akan semakin mahal harga jual ikan ini. Jenis ikan louhan yang paling populer ialah ikan louhan kamfa, ikan louhan cencu, ikan louhan srd dan ikan louhan bonsai. Untuk kalian pemula bisa membeli ikan louhan dengan ukuran yang kecil karena harganya yang masih terjangkau, tetapi jika kalian memiliki budget lebih kalian bisa membelin ikan louhan dengan ukuran besar. Untuk ikan louhan ukuran besar biasanya dipatok harga hingga jutaan rupiah.

Ikan Black Molly

Ikan ini memiliki karateristik ikan yang damai. Ikan black molly ini bisa jadi pilihan yang cocok jika kalian ingin memelihara lebih dari 1 jenis ikan dalam 1 aquarium. Kelebihan dari jenis ikan ini ialah mereka dapat beradaptasi dengan air tawar, payau dan air asin. Ikan molly hitam dapat hidup pada suhu 21 – 27 derajat celcius.

Ikan molly hitam juga merupakan jenis ikan livebearer yang artinya jika kalian membeli ikan ini sepasang (jantan dan betina) mereka bisa beranak pinak dalam aquarium. Kekurangannya ikan ini bisa saja memakan burayak jika tidak ada vegetasi yang mencukupi untuk menyembunyikan anak – anaknya.

Ikan Oscar

Ikan oscar memang berasal dari perairan Amazon, Amerika Selatan. Ikan ini merupakan jenis ikan predator yang banyak diminati pencita ikan hias. Meskipun masuk kedalam kategori ikan predator, ikan oscar memiliki warna yang cantik seperti perpaduan antara warna hitam dan orange dengan goresannya yang terlihat seperti batik, membuat ikan ini sangat diminati dikalangan pencinta ikan hias.

Ikan oscar ini memiliki panjang tubuh mencapai 40 cm dengan perkiraan berat tubuh sekitar 3 kg. karena masuk kedalam jenis ikan predator, ikan ini suka memakan ikan yang lebih kecil darinya. Selain itu harus diingat juga Sahabat Shimizu tidak boleh menempatkan ikan ini pada aquarium dengan ukuran kecil, karena itu akan menggangu aktivitas sang ikan.

Ikan Cupang Jenis ikan yang paling populer ini masih satu family dengan ikan gurami loh Sahabat. ikan cupang memiliki banyak variasi warna dengan ekor yang menjuntai indah. Tidak hanya cantik, perawatan ikan cupang ini juga sangat mudah. ikan cupang tidak membutuhkan tempat atau aquarium yang besar dan juga oksigen untuk dapat bertahan hidup. Ikan cupang memiliki sifat yang agresif, apa lagi dengan sesama jenisnya. Untuk makanannya kalian cukup menyiapkan jentik – jentik nyamuk, cacing dara, ataupun cacing rambut