Ini Dia yang Bisa Menyebabkan Pompa Air Kamu Mati

Posted on Dibaca : 19

Hallo sahabat SHIMIZU!

Sahabat pernah mengalami pompa air yang mati total? Kira – kira penyebabnya apa saja yaa? yuk simak ulasan berikut!

Pompa air yang tiba – tiba mati total memang sangat meresahkan, pasalnya pompa air merupakan sumber utama dalam penyediaan air bersih di rumah. Jika pompa air rusak atau bahkan mati total akan menyusahkan banyak orang dirumah.

Semakin lama, pompa air yang sering digunakan tentu akan mengalami penurunan kualitas dan bisa saja rusak termakan usia. Bahkan tak jarang pompa air yang masih baru saja mengalami mati total. Rusaknya pompa air memang bukan perkara baru dan sudah sering ditemui di beberapa jenis pompa air.

Tapi ada baiknya untuk sahabat SHIMIZU untuk mengalami masalah ini untuk mengetahui penyebab pompa air mati total. Nah berikut beberapa masalah yang bisa saja terjadi sebagai penyebab pompa air kamu yang mati!

Kabel Power Terputus

Ketika sahabat mengalami pompa mati total atau rusak hal pertama yang mesti sahabat lakukan adalah mengecek pompa air dan cek bagian kabelnya. Jika ditemukan kabel power yang terputus, bisa dikatakan hal itulah yang membuat mesin pompa air mati dan tidak bekerja.

Jika kabel power terputus maka tidak adanya listrik yang terhubung ke pompa, dan menyebabkan pompa air tidak menyala. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan pemeriksaan kabel power secara berkala dan melindunginya dengan penutup agar lebih aman dari gigitan tikus atau hewan lainnya.

Stop Kran Tertutup

Pompa air yang mati juga bisa disebabkan karena stop krannya yang tertutup. Ketika tekanan air semakin tinggi karena kran tertutup, maka akan secara otomatis pompa akan memutus arus listrik dan menyebabkan pompa air  mati. untuk mengatasinya sahabat cukup membuka bagian stip krannya agar air dapat mengalir kembali dan pompa air dapat menyala.

Otomatis Pompa yang Tidak Bekerja

Jika Sahabat menggunakan pompa otomatis, item yang satu ini bisa menjadi salah satu penyebab pompa air kamu mati total. Faktanya jika terjadi kerusakan pada otomatis mesin pompa air, maka pompa air juga akan mati total dan tidak bekerja sama sekali.

Untuk mengeceknya, Sahabat bisa menyambungkan dua kabel menuju ke otomatisnya. Jika pompa menyala saat kabel disambungkan, hal itu menandakan otomatis pompa air sahabat mengalami kerusakan.

Dinamo yang Terbakar

Penyebab lainnya dari pompa air yang mati total bisa disebabkan oleh dinamo yang terbakar. Saat pompa air mati Sahabat perlu mengecek dinamo pada mesin pompa air kamu yaa. Bila ditemukan dinamo yang terbakar dan gulungannya terputus, segera matikan mesin pompa dan lakukan penggantian. Agar pompa tidak berbahaya dan dapat digunakan kembali.

Kapasitor yang Rusak

Penyebab terakhir yang mungkin saja terjadi pada pompa air yang mati total karena kapasitor pada pompa rusak. Selain sahabat harus mengecek bagian dinamo pompa, sahabat juga harus mengecek bagian kapasitor pada pompa jika terjadi pompa air mati. Kapasitor ini memiliki penting dalam mendorong perputaran dinamo.

Jika kapasitor pompa air mengalami kerusakan, dinamo tidak akan mampu bekerja dan mesin akan mati total. Kerusakan pada kapasitor dapat dilihat dari keluarnya suara menahan ketika pompa air dinyalakan. Jika sahabat mendengar suara dengungan, dinamo tidak bergerak dan hanya mengeluarkan suara menakan, itu tandanya pompa kamu butuh segera diganti dengan yang baru.

oke sahabat SHIMIZU itu dia 5 kemungkinan penyebab dari pompa air kamu yang mati total. Ketika mengalami pompa air mati kamu bisa melakukan beberapa pengecekan sendiri sebelum kamu memanggil teknisi untuk mengecek ada masalah apa dengan pompa air kamu dirumah. SHIMIZU Indonesia memiliki layanan service center yang tersebar luas di seluruh Indonesia. So Sahabat SHIMIZU tidak perlu khawatir untuk mencari service center resmi dari SHIMIZU! Untuk nomor telepon dan alamat lengkapnya bisa cek disini ya!