Ini Dia Tips Mudah Menghemat Listrik Pompa Air Kamu!

Posted on Dibaca : 2,107

Hallo sahabat SHIMIZU!

Tahukah kamu sahabat SHIMIZU ada cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghemat listrik pompa air kamu. Hal ini bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasan buruk yang memiliki dampak utama pada konsumsi listrik yang berlebihan.

Menghemat listrik pompa air bisa dengan melakukan kebiasaan penggunaan air yang baik dan benar serta memilih produk pompa yang terbaik. Nah berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penggunaan listrik kamu!

Hindari Cabut Colok Terhadap Aliran Listrik

Cara penghematan yang pertama adalah dengan mengurangi kebiasaan buruk mencabut colok listrik pompa terlalu sering. Kamu bisa menggunakan mesin pompa dalam waktu yang agak lama untuk mengisi toren air dan dilakukan 2 – 3 kali dalam sehari (ini disesuaikan dengan kebutuhan), dibandingkan kamu menjalankannya sering tetapi durasi waktu penggunaannya yang sebentar.

Cabut colok memang tidak baik jika dilakukan terlalu sering pada barang elektronik kamu, karena hal ini akan membuat konsumsi listrik semakin besar dan boros.

Gunakan Pompa Air Otomatis

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan pompa air otomatis. Cara kerja dari pompa otomatis dipercaya mampu menghemat penggunaan listrik. Dengan penggunaan pompa air otomatis kamu tidak perlu melakukan cabut colok saklar listrik, cukup dengan membuka kran dan pompa air akan secara otomatis menyala dan mengalirkan air. Selain itu jenis pompa satu ini juga tidak membutuhkan penampungan air, karena kamu bisa langsung menggunakan air sesuai dengan kebutuhan.

Kontrol Penggunaan Air

Mengontrol penggunaan air ternyata juga dapat menghemat penggunaan listrik loh sahabat. Semakin kamu hemat dan bijak dalam penggunaan air, maka akan sangat membantu terhadap penghematan listrik pompa air dirumah kamu. Salah satu contohnya dalam mencuci piring di rumah, kamu bisa menyiapkan beberapa ember berisi air yang bisa digunakan untuk mencuci peralatan dapur kamu. Hal ini akan lebih mengontrol penggunaan air dan lebih hemat listrik.

Lakukan Pengecekan Pompa Secara Rutin

Pengecekan pompa secara rutin bermanfaat untuk melihat kondisi dan kinerja pompa apakah masih baik atau sudah ada yang harus diperbaiki. Faktanya banyak kasus yang ditemukan ketika mesin pompa menyala namun air tidak keluar, hal ini akan menyebabkan kerusakan pada pompa dan pemborosan konsumsi listrik.

Bila terjadi kerusakan segera lakukan perbaikan ya sahabat SHIMIZU agar pompa kamu dapat bekerja secara maksimal dan tidak boros listrik.

Pilihlah Pompa yang Tepat

Tips terakhir adalah pilihlah pompa yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu dirumah. Ketika akan membeli pompa perhatikan daya konsumsi listriknya besar atau tidak? Pilihlah pompa air yang hemat konsumsi listriknya. Salah satu merek pompa terbaik ialah pompa air dari SHIMIZU Indonesia. SHIMIZU Memiliki kualitas terbaik di kelasnya dengan daya listrik yang hemat dan garansi untuk setiap pompanya. Untuk segala informasi tentang pompa air kamu bisa lihat di website SHIMIZU atau tanya – tanya di social media SHIMIZU ya!!

Nah dari beberapa tips diatas kamu bisa lakukan beberapa guna menghemat penggunaan listrik di rumah kamu.