Ini Dia Menu yang Boleh dan Tidak Boleh Untuk Berbuka Puasa!

Posted on Dibaca : 8

Hallo Sahabat SHIMIZU!

Bulan puasa memang bukan sebuah hal baru terutama untuk umat muslim di seluruh dunia. Hal yang paling ditunggu ketika menjalankan puasa adalah saat waktu berbuka puasa ataupun waktu sahur. Karena waktu itu kita diperbolehkan untuk makan dan mengisi tenaga tubuh agar kuat menjalankan puasa selama kurang lebih 12 jam (untuk di Indonesia).

Tahukah kamu Sahabat SHIMIZU ternyata adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari ketika berbuka puasa dan beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi ketika berbuka puasa untuk meningkatkan stamina tubuh. Jadi tidak sembarangan makan saja ya, ada hal – hal yang harus diperhatikan agar tubuh tetap sehat dan puasa kamu tetap lancar.

Makanan yang Kaya Akan Kalium

Menu pertama yang baik untuk berbuka adalah buah – buahan yang kaya akan kandungan kalium. Kalium diperlukan tubuh untuk memastikan sistem tubuh yang sehat seperti meminimalkan kram, menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh.

Contoh makanan yang tinggi akan kandungan kalium itu seperti kacangan – kacangan, sayuran berdaun gelap, kentang, yogurt, alpukat dan pisang. Buah kurma juga memiliki kandungan kalium yang baik untuk tubuh.

Cairan yang Cukup

Setelah berpuasa seharian kamu harus banyak konsumsi air putih ketika berbuka yaa. penuhi kebutuhan air putih harian kamu dengan banyak konsumsi air putih ketika berbuka, malam hari sebelum tidur dan waktu sahur.

Sayuran yang Mengandung Air

Kekurangan cairan tubuh dapat terjadi ketika kamu berpuasa dan lupa untuk konsumsi air putih. Oleh karena itu ada baiknya ketika berbuka, kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan airnya. Sayuran yang kaya akan kandungan air seperti ketimun, selada dan sayuran lainnya yag kaya akan serat dan air.

Konsumsi sayuran yang kaya akan kandungan airnya selain membuat tubuh lebih segar, tetapi dapat menjaga kesehatan kulit dan membantu kamu menghindari sembelit selama bulan Ramadhan.

Kalau tadi sudah membahas menu apa saja yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa, berikut adalah menu yang sebaiknya dihindari ketika berbuka puasa.

Makanan Berkarbonasi

Ketika berbuka puasa sebaiknya kamu menghindari makanan dan minuman berkarbonasi, biasanya menu tinggi gula. Minuman tinggi gula meningkatkan resiko kelebihan berat badan dan obesitas. Selain itu dapat menyebabkan kembung dan gas, sehingga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Jika ingin konsumsi minuman manis, kamu bisa menggunakan gula secukupnya dan tidak berlebihan.

Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula seperti permen dan cokelat harus dihindari karena mengandung nilai gizi yang sangat sedikit dan tinggi kalori. Mereka berkontribusi terhadap kenaikan berat badan dan dapat menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi setiap hari.

Makanan yang Digoreng

Jenis makanan berikutnya yang harus dihindari ketika berbuka puasa adalah menu yang digoreng. Makanan yang mengandung banyak lemak sebaiknya dihindari ketika berbuka puasa, karena akan disimpan dalam tubuh sebagai jaringan lemak. Selain itu makanan berlemak juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Nah itu dia Sahabat SHIMIZU beberapa menu yang baik dan harus dihindari ketika berbuka puasa. Nah kalau kamu sendiri tipe yang berbuka puasa dengan menu apa nih? Yukk share keseruan berbuka puasa kamu ke social media SHIMIZU yaa!