Ini Dia 5 Manfaat Puasa Bagi Tubuh Kamu

Posted on Dibaca : 24

Hallo Sahabat Shimizu!

Bagaimana dengan puasa kalian Sahabat? Tidak terasa kita sudah hampir 1 minggu menjalankan ibadah puasa dibulan yang suci ini. Semoga belum ada yang bolong puasanya ya Sahabat Shimizu.

Sahabat tahukah kalian bahwa puasa itu memiliki banyak manfaatnya loh, apalagi untuk tubuh dan kesehatan kita. Lalu apa saja sih manfaat berpuasa untuk tubuh kita, simak beberapa manfaatnya:

Menyehatkan Jantung

Sebuah penelitian mengatakan siapa yang berpuasa minimal sebulan sekali memiliki resiko 58% lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan dengan mereka yang tidak menjalani puasa. Puasa juga dipercaya dapat mengurangi resistensi insulin yang dapat memicu penyakit diabetes. Untuk menjaga kesehatan jantung Sahabat Shimizu harus melihat faktor – faktor lainnya seperti mengatur pola makan, berolahraga teratur dan mencukupi waktu tidur.

Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Ketika berpuasa laju pembelahan sel dalam tubuh juga akan mengalami penurunan aktifitas karena terbatasnya asupan makanan. Meski masih perlu diteliti lebih lanjut untuk membuktikan bahwa hal ini mampu mengurangi risiko kanker. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah kondisi tersebut berlaku pada manusia.

Membuang Racun dalam Tubuh

Saat berpuasa kita tidak akan makan dan minum kurang lebih selama 12 jam. Hal ini dapat memberikan kesempatan untuk sistem pencernaan kita bersitirahat sejenak, sehingga tubuh akan lebih fokus pada pembuangan racun dari dalam tubuh. Untuk proses pembakaran lemak menjadi energi, tubuh akan membakar racun berbaha yang ada pada lemak – lemak yang tersisa.

Mengontrol Berat Badan

Pembakaran lemak menjadi energi akan membantu mengurangi berat badan dan kolesterol jahat. Penurunan berat badan ini juga akan berdampak pada pengendalian diabetes dan tekanan darah kalian Sahabat Shimizu. Berat badan memang akan berkurang ketika Sahabat tidak mengonsumsi makanan atau minumam, tetapi berat akan kembali naik ketika Sahabat Shimizu berbuka puasa. Kenapa seperti itu? Karena ketika berpuasa Sahabat Shimizu akan kehilangan cairan, bukan berat badan yang substansial. Oleh karena itu pentingnya untuk menjaga nafsu makan ketika berbuka puasa agar berat badan tidak naik secara drastis.

Lebih Awet Muda

Siapa yang tidak ingin terlihat awet muda? Setiap orang pasti menginginkan hal ini. Sahabat Shimizu bisa mendapatkannya dengan rajin melakukan ibadah puasa. Ketika berpuasa tubuh akan menghentikan sementara atau mengurangi proses metabolisme di dalam tubuh, khususnya saluran pencernaan. Penghentian ini yang akan menghambat penuaan dini pada kulit kalian Sahabat.