Hati – Hati Ini Bahaya Air Asin untuk Kulit Kamu!

Posted on Dibaca : 136

Hallo Sahabat Shimizu!

Bukan sebuah rahasia umum bahwa air laut memiliki rasa yang asin, hal ini dikarenakan air laut memang mengandung garam yang membuatnya menjadi asin. Tetapi tahukah Sahabat mengonsumsi air laut ternyata tidak diperbolehkan loh Sahabat, bahkan ketika Sahabat ada di dalam kondisi terdesak sekalipun.

Air garam merupakan air yang telah terkontaminasi dengan garam dan mineral lainnya, seperti kandungan merkuri dan arsen. Air laut merupakan contoh air yang memiliki kandungan garam tertinggi. Konsentrasi garam dalam tubuh sekitar 75% lebih sedikit dibandingkan dengan kandungan konsentrasi garam di air laut. Ada beberapa kasus yang menyebutkan air garam baik untuk tubuh salah satunya cocok untuk pasien pasca operasi gegar otak untuk memulihkan kondisinya. Namun lebih banyak kasus yang mengatakan mengkonsumsi air garam sangat tidak baik untuk tubuh.

Lalu apa saja sih bahayanya jika tidak sengaja mengkonsumsi air laut yang asin? Berikut pembahasannya.

Dehidrasi

Kandungan garam dapat membuat tubuh lebih cepat dehidrasi, semakin banyak air garam yang diminum akan semakin banyak juga cairan tubuh yang hilang. Menurut Marine Knowledge, ketika mengonsumsi air laut, air yang sudah ada di dalam tubuh akan dialihkan untuk membantu tubuh mencairkan kelebihan garam.

Akibatnya fungsi tubuh lainnya akan mulai menderita karena kurangnya air dalam sistem tubuh kamu Sahabat. Dehidrasi akan menyebabkan rasa haus dan rasa lebih sering ingin buang air kecil. Hal ini terjadi karena tubuh sedang mencoba untuk menyingkirkan kelebihan garam.

Gagal Ginjal

Bahaya berikutnya ialah gagal ginjal. Ginjal dalam tubuh memiliki peran untuk menyaring kelebihan bahan kimia dari dalam darah. Ketika tidak sengaja menelan air garam, maka jumlah garam dalam tubuh akan meningkat. Dengan begitu ginjal harus bertanggung jawab lebih untuk membuang garam dengan bantuan air dalam jumlah besar.

Air dan garam yang disaring kemudian dibuang melalui air urin. Selama periode panjang konsumsi air laut ini, kelebihan air akan membanjiri ginjal dan ginjal lama – kelamaan akan rusak. Hal ini lah yang akan menyebabkan komplikasi serius dan bahkan kematian.

Gejala Akut

Menurut Western Journal of Medicine mengatakan bahwa tubuh akan mengalami beberapa gejala yang terkait dengan tingginya kadar garam setelah beberapa jam Sahabat mengkonsumsi air garam tersebut. Gejala awal seperti diare berat yang tidak kunjung hilang akan menyerang tubuh kamu Sahabat.

Usus hanya dapat menyerap sejumlah garam dalam jangka waktu tertentu saja. Air laut akan menyebabkan kelebihan garam. Garam yang tersisa di saluran usus, sehingga air akan mengalir keluar dari sel dan masuk ke saluran usus. Kondisi itu akan menyebabkan isi usus menjadi encer dan menyebabkan diare.

Gejala Kronis

Asupan jangka panjang dari mengkonsumsi air garam dapat menyebabkan dehidrasi berat yang memicu efek serius bagi tubuh. Tubuh akan kehilangan sejumlah air dalam skala besar untuk mencerna air garam. Sahabat akan mengalami halusinasi hingga mengigau.

Hal ini juga bisa menyebabkan kehilangan kesadaran dan menderita kejang tubuh. Tubuh tidak akan bisa berfungsi baik tanpa bantuan air, pada kondisi kehilangan 15% dari total air dalam tubuh Sahabat akan beresiko tinggi untuk mengalami koma, kerusakan otak hingga kematian.

Nah itu dia Sahabat SHIMIZU beberapa bahaya dari menelan atau mengonsumsi air laut yang asin. Perhatikan ketika sedang berenang atau bermain air di laut jangan sampai airnya tertelan ya Sahabat SHIMIZU, karena hal ini bisa sangat berbahaya untuk tubuh kamu!