Gunakan Cara Ini Agar Mesin Cuci Kamu Panjang Umur!

Posted on Dibaca : 3

Hallo Sahabat Shimizu!

Kegiatan mencuci baju terkadang menjadi hal yang melelahkan apalagi jika dilakukan secara manual. Semakin canggihnya zaman kegiatan yang satu ini tentu tidak melelahkan lagi karena hadirnya mesin cuci yang dapat membantu kegiatan Sahabat dalam mencuci pakaian.

Mencuci menggunakan mesin cuci akan lebih praktis dan tidak membuang tenaga dibandingkan dengan mencuci secara manual. Penggunaan mesin cuci akan membantu kegiatan Sahabat dirumah yang tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci pakaian.

Penggunaan mesin cuci yang hampir setiap hari harus diperhatikan kebersihannya. Merawatnya menjadi bagian penting agar umur mesin cuci Sahabat berumur panjang. Ada beberapa cara yang bisa Sahabat Shimizu lalukan untuk merawat mesin cuci, berikut beberapa tipsnya!

Cara pertama adalah gunakan deterjen khusus untuk mesin cuci dan sesuai dengan takaran. Dipasaran terdapat banyak jenis deterjen yang bisa Sahabat pilih, sebaiknya gunakan deterjen khusus untuk mesin cuci agar sesuai dan tidak merusak mesin cuci. Masih banyak orang yang menggunakan deterjen biasa untuk penggunaan di mesin cuci, padahal antar keduanya memiliki fungsi dan kekuatan daya cuci yang berbeda.

Yang membedakan deterjen biasa dan deterjen khusus mesin cuci ada pada busa yang dihasilkan. Deterjen biasa akan lebih banyak mengasilkan busa dengan kapasitar air yang sedikit, sedangkan deterjen khusus mesin cuci memiliki busa yang lebih sedikit. Penggunaan deterjen sesuai ukuran juga akan menjaga mesin cuci dari kerusakan dan turunnya performa mesin cuci.

Cucilah baju sesuai dengan kapasitas mesin cuci. Terkadang ada beberapa orang yang mencuci baju seminggu sekali atau sekali banyak, tapi hal ini dapat berpengaruh pada mesin cuci. Mencuci dengan baju yang terlalu banyak akan membuat mesin cuci cepat rusak dan membuat kerja mesin cuci tidak maksimal.

Mencuci dengan baju yang terlalu banyak akan berpengaruh pada cucian yang tidak besih dan menyisakan kotoran pada mesin cuci. Hal ini terjadi karena mesin cuci tidak bisa menjangkau seluruh bagian pakaian secara maksimal.

Gunakanalah air sesuai dengan aturan mesin cuci. Hal penting lainnya adalah penggunaan air sesuai dengan aturan mesin cuci. Mencuci dengan banyak air dianggap akan lebih cepat selesai dan bersih, faktanya hal ini salah. Penggunaan air yang melewati batas yang dianjurkan akan merusak mesin cuci dan menurunkan performa mesin cuci. Dengan menggunakan takaran air yang sesuai akan membuat kerja mesin cuci lebih maksimal dan tidak mudah rusak.

Jangan terlalu lama mengeringkan pakaian di mesin cuci. Ada beberapa tipe mesin cuci yang dilengkapi dengan pengering pakaian atau dryer. Mengeringkan pakaian menggunakan dryer disarankan sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan. Agar pakaian tidak sulit untuk disetrika dan tidak merusak bahan baju atau celana.

Oke Sahabat Shimizu itu dia beberapa cara yang harus Sahabat lakukan jika ingin mesin cuci berumur panjang dan tetap maksimal dalam penggunaan!