Fakta Menarik Dibalik Rajin Mengosok Gigi!

Posted on Dibaca : 39

Hallo Sahabat SHIMIZU!

Rutin menyikat gigi akan membuat gigi bersih, menghilangkan bau mulut dan menyegarkan mulut kamu Sahabat SHIMIZU. Seorang dokter gigi berkata “sikatlah gigi secara rutin 2 kali dalam sehari ketika pagi hari dan malam hari sebelum tidur”.

Setelah sarapan pagi adalah waktu yang tepat untuk kamu mengosok gigi di pagi hari. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak melakukannya karena sudah dikejar waktu atau malah menyikat gigi sebelum sarapan pagi. Faktanya banyak sekali loh manfaat baik mengosok gigi untuk kesehatn tubuh kamu Sahabat.

Nah berikut beberapa manfaat dari rajin menggosok gigi untuk kesehatan tubuh kamu!

Membersihkan Sisa Makanan

Manfaat pertama ialah dapat membersihkan sisa makanan yang tertinggal. Tidak menyikat gigi akan membuat bakteri tumbuh dan mengerogoti sisa – sisa makan tersebut. Makanan sisa yang tertinggal bisa juga berubah menjadi asam yang tidak baik bagi kesehatan gigi.

Menghilangkan Bau Mulut

Manfaat berikutnya, menggosok gigi dapat menghilangkan bau mulut. Ketika sarapan bisa jadi Sahabat SHIMIZU mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. Hal ini dapat membuat bakteri bisa berkembang dengan cepat pada gigi bila kamu tidak membersihkannya. Hal ini berarti, jika kamu tidak menggosok gigi ada kemungkinan kamu akan mengalami masalah bau mulut dan menjadikan kamu tidak percaya diri.

Mencegah Gigi Berlubang

Mengosok gigi minimal 2 kali dalam sehari akan sangat membantu dalam mencegah terjadinya gigi berlubang. Hal ini akan mengurangi penumpukan karang gigi dan plak. Selain itu mengosok gigi secara teratur juga dapat mengurangi kemungkinan penyakit gusi dan periodontitis (infeksi pada gusi) lohh. Jadi jangan lupa untuk mengosok gigi ya, agar gigi tetap kuat dan gusi kamu tetap sehat.

Mencegah Gigi Rontok

Hal yang bisa disebabkan dari malas menggosok gigi adalah gigi rontok. Gigi rontok yang dimaksud adalah rusaknya struktur gigi akibat plak yang menumpuk pada gigi. Tidak menggosok gigi akan membuat plak menumpuk, kondisi ini dapat menyebabkan penyakit gusi, radang gusi hingga masalah periodontal.

Mencegah Diabetes

Ternyata rutin menggosok gigi juga dapat mencegah diabetes loh Sahabat SHIMIZU. Penyakit gusi pada mulut ternyata dapat menyebabkan penyakit diabetes loh. Penyakit pada gusi akan membuat kamu mengalami kesulitan untuk mengontrol kadar glukosa dalam tubuh. Jadi kalau Sahabat SHIMIZU rutin menggosok gigi, kamu bisa mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes pada tubuh kamu.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat yang mungkin banyak belum diketahui adalah gosok gigi dapat menurunkan berat badan. Kok bisa?

Biasanya setelah menggosok gigi kita akan merasa tidak enak untuk makan karena gigi sudah dalam keadaan bersih. Dan faktor lainnya, setelah Sahabat SHIMIZU mengosok gigi mulut akan terasa lebih segar kemudian dia akan mengirimkan sinyal perasaan kenyang ke otak. Oleh karena itu kamu akan merasa kenyang lebih lama dan mengurangi kebiasaan ngemil sehingga dapat mengontrol berat badan kamu.

Itu dia Sahabat SHIMIZU beberapa manfaat dari menggosok gigi. Ternyata banyak sekalinya manfaat baiknya untuk kesehatan tubuh kita. Tidak hanya membersihkan gigi, ternyata bisa juga mencegah penyakit lainnya pada tubuh. So jangan lupa untuk sikat gigi 2 hari sekali ya Sahabat SHIMIZU!