Destinasi Liburan dengan Nuansa Hutan di Jakarta

Posted on Dibaca : 12

Hallo Sahabat SHIMIZU!

Ibu kota Jakarta memang memiliki beragam tempat wisata menarik yang bisa Sahabat kunjungi bersama dengan keluarga atau teman – teman. Pilihan tempat berlibur alam bisa menjadi salah satu pilihan menarik yang bisa dipilih lho Sahabat SHIMIZU.

Berlibur ke alam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan loh seperti menghilangkan stress, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan mood dan meningkatkan keharmonisan. Nah kalo ini SHIMIZU akan berikan beberapa pilihan destinasi alam di Jakarta yang bisa Sahabat kunjungi!

Setu Babakan

Lokasi liburan alam pertama adalah Setu Babakan. Wisata danau yang berlokasi di tengah kota dan dikelilingi perkampungan penduduk ini memiliki luas wilayah sekitar 32 hektar. Setu Babakan terletak di antara dua danau buatan yakni danau Mangga Bolong dan Danau Babakan.

Di Setu Babakan ini memiliki banyak kegiatan air menarik yang bisa Sahabat lakukan, salah satunya ialah memancing ikan bersama keluarga. Selain sebagai lokasi wisata untuk mancing, Setu Babakan merupakan lokasi pusat budaya Betawi. Statusnya bahkan sudah ditetapkan sebagai cagar budaya.

Pusat – pusat pelestarian budaya Betawi berlokasi di zona – zona berbeda dengan Setu Babakan. Kegiatan yang menyangkut dengan atraksi budaya Betawi juga banyak diselenggarakan disini.

Taman Cattleya

Berikutnya ialah Taman Cattleya, berlokasi di tengah kota Jakarta menjadikan taman ini mudah untuk ditemui. Lokasinya yang dengan dengan beberapa mall ternama ibukota menjadikan taman ini menjadi salah satu pilihan menarik untuk berlibur sekedar makan siang bersama atau kumpul bersama teman – teman.

Taman ini seakan menjadi paru – paru bagi lingkungan sekitarnya yang sudah banyak didominasi perumahan dan gedung – gedung pencakar langit. Dahulu kala taman ini memang terbengkalai dan tidak diurus, tetapi setelah perbaikannya yang dilakukan pada tahun 2013 silam taman ini berganti wajah menjadi indah, terawat dan menyenangkan untuk dikunjungi. Kegiatan seperti olahraga, piknik, berjalan ringan mengelilingi taman hingga kumpul bersama keluarga.

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan wisata alam yang terdekat dari ibu kota Jakarta. Dari ratusan pulau yang ada, banyak juga pulau tidak berpenghuni dan dijadikan sebagai cagar alam saja. Ada beberapa pulau yang memberikan sejarah, alam yang eksotik dan beberapa pulau yang disuling menjadi resort eksklusif kelas atas.

Selain wisata pantai dan lautnya, kepulauan seribu juga memberikan pilihan wisata alam hutan dan mangrove yang bisa dikunjungi. Untuk menuju kesana Sahabat bisa melalui pelabuhan di banten atau Marina Ancol.

Hutan Mangrove, Pantai Indah Kapuk

Wisata yang tidak kalah terkenal dengan alamnya adalah Hutang Mangrove di Pantai Indah Kapuk. Kawasan pesisir biasanya akan lebih panas, tetapi berbeda jika Sahabat mengunjungi Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk. Disini kondisinya lebih sejuk karena hutan bakau dirawat dengan baik. Hutan Mangrove tidak hanya dibiarkan hidup bebas begitu saja, tetapi juga di tata dan dirawat agar terlihat lebih menarik ketika dikunjungi.

Mengunjungi lokasi ini Sahabat dapat menyusuri keindahan kawasan bakau dengan berjalan di atas geladak yang rapi atau naik perahu bersama – sama. Untuk lebih eksklusif Sahabat bisa menyewa kano, sepeda air ataupun menyewa salah satu pondok disana.

Nah itu dia beberapa pilihan tempat berlibur dengan pemandangan alam di ibu kota Jakarta. Jika Sahabat berniat untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di atas dalam waktu dekat ini jangan lupa untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan ya! Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan! Stay Healthy Sahabat SHIMIZU!