Dampak Positif yang Dihasilkan dari Menanam Pohon

Posted on Dibaca : 5

Hallo Sahabat Shimizu! Pohon merupakan salah satu mahluk hidup yang dapat menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Penanaman pohon yang banyak akan berdampak pada banyaknya oksigen yang dihasilkan sehingga dapat mengurangi efek negatif dari pemanasan global. Seperti yang kita ketahui pohon memiliki banyak manfaat yang dihasilkan salah satunya yaitu menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen.

Pohon memiliki begitu banyak manfaat untuk kehidupan, salah satunya pohon juga berguna untuk menurunkan suhu setempat sehingga udara disekitarnya akan terasa lebih sejuk. Menanam pohon juga memiliki banyak manfaat lainnya bagi lingkungan seperti :

Suku Cadang Air Didalam Tanah

Pohon memiliki kemampuan untuk menyimpan air di dalam tanah dengan baik. Air yang disimpan akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan mahluk hidup lainnya dan untuk pertumbuhan pohon itu sendiri.

Mengurangi Suara Bising

Salah satu fakta tumbuhan yang belum banyak diketahui bahwa pohon dapat meredam kebisingan. Manfaat yang satu ini sangat cocok diterapkan bagi sahabat yang memiliki pemukiman yang dekat dengan pinggir jalan besar. Selain meredam kebisingan, pohon juga berguna untuk menyaring debu dan polusi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

Mencegah Air Menggenang

Dengan menanam pohon sekaligus juga kita membuat daerah resapan air yang lebih luas. Dengan peresapan air yang baik akan mencegah air menggenang ketika hujan besar terjadi.

Meningkatkan Kualitas Kesehatan

Pohon yang ditanam akan menghasilkan udara yang bersih. Udara bersih yang dihirup akan menjadikan nafas lebih berkualitas, hal itu juga akan berdampak baik pada pola tidur kita. Ketika tidur lebih nyaman akan berdampak saat terbangun di pagi hari badan akan terasa lebih bugar.

Sumber Pangan

Jika kita memilih untuk menanam pohon mangga, rambutan, tomat ataupun tumbuhan yang dapat menghasilkan buah atau sayur tentu kita bisa mendapatkan manfaat lain dari pohon, yaitu sebagai sumber pangan. Hasil buah dan sayuran yang bisa dikonsumsi sebagai makanan dan obat.

Mempercantik Lingkungan

Lingkungan yang kaya akan tanaman dan pepohonan akan membuat lingkungan lebih asri untuk di pandang. Perpaduan warna hijau dan warna cantik buah dan bunga yang mekar akan menampak kecantikan alami yang dihasilkan.

Demikian lah dampak-dampak bila kita menanam pohon, yuk kita bantu lestarikan lingkungan dengan menanam pohon sebanyak-banyaknya.

Photo: sancarlosdigital.com