Cara Mudah Menjernihkan Air yang Keruh!

Posted on Dibaca : 198

Hallo Sahabat Shimizu!

Air dikatakan sebagai zat yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang dan hampir semua mahluk di dunia.  Penggunaan air digunakan untuk banyak hal bisa untuk mencuci, memasak, mandi hingga untuk dikonsumsi. Dari banyaknya manfaat penggunaan air, air juga merupakan zat yang cukup rentan dicemari oleh kuman dan berbagai virus.

Disetiap rumah belum tentu semua air keluar dengan jernih ataupun bersih. Terkadang masih ada sumber air yang mengeluarkan air yang keruh dan kurang jernih. Untuk menjernihkan air ini Sahabat bisa menggunakan mesin khusus untuk menjernihkannya, tetapi ada cara yang lebih simpel untuk menjernihkan air yang keruh tersebut.

Kali ini Shimizu akan kasih tau cara sederhana untuk membuat air yang keruh menjadi lebih jernih tanpa kimia dan layak konsumsi.  Ingin tahu lebih lanjut? Simak ulasan berikut!

Menjernihkan Air Menggunakan Pemutih

Untuk menjernihkan air yang keruh Sahabat bisa melakukan pemutihan air. Pemutihan air ini bisa dilakukan dengan menggunakan pemutih bubuk, untuk 1.000 liter air Sahabat membutuhkan 2.3 gram pemutih bubuk. Cara ini bisa dilakukan hanya untuk air yang kadar cemaranya tidak terlalu tinggi dan juga kekeruhannya tida begitu parah.

Salah satu bubuk pemutih yang umum digunakan adalah tawas. Senyawa ini digunakna untuk menjernihkan air sungai untuk keperluar sehari – hari agar warnanya tidak terlalu keruh. Untuk menjernihkan 1.000 liter air yang tidak terlalu keruh Sahabata membutuhkan 3 – 5 sendok makan tawas.

Menjernihkan Air Menggunakan Cairan Kimia

Proses berikutnya adalah dengan menggunakan disinfeksi kimia, hal ini umum digunakan untuk air – air di dalam tangki atau sumur. Bahan – bahan kimia yang bisa digunakan seperti ozon, kuprisulfat, klor dan Ca(OCI)2 atau kaporit. Ca(OCI)2 atau kaporit bermanfaat untuk membasmi bakteri – bakteri yang ada di dalam air. Dibutuhkan 1 gram kaporit untuk menjernihkan 100 liter air.

Filtrasi

Filter atau saringan adalah teknologi yang cukup canggih namun terjangkau untuk melakukan penyaringan air. Ada banyak beberapa jenis filter air yang dapat digunakan untuk menjernihkan air seperti UV dan keramik. Saat air keruh masuk ke dalam saringan, bakteri dan juga zat – zat lainnya ditahan menggunakan katalis.