Bumi Menuju ke Arah “Planet Plastik”

Posted on Dibaca : 73

Sobat Shimizu, sudah siapkah Anda tinggal di planet plastik? Jika kebiasaan buruk dalam penggunaan plastik terus dipertahankan, maka bersiaplah planet bumi tercinta ini akan dipenuhi oleh sampah plastik!

Menurut penelitian terbaru, total 9 miliar ton plastik telah diproduksi sejak tahun 1950 dan mayoritas kini sudah terkubur di dalam tanah dan lautan.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan ke dalam jurnal Science Advances, kecepatan produksi plastik terus meningkat setiap tahunnya. Yang lebih mengkhawatirkan, setengah dari 9 miliar ton plastik tersebut baru diproduksi selama 13 tahun terakhir.

Mayoritas plastik di dunia memang dirancang untuk langsung dibuang. National Geographic melaporkan bahwa 40 persen dari plastik non-fiber diproduksi sebagai kemasan yang disobek dan dibuang. Akibatnya, hanya 9 persen dari seluruh plastik di dunia yang didaur ulang, dan sebanyak 54 persen dari plastik yang dibuang adalah kemasan.

Bahkan, 90 persen plastik yang didaur ulang hanya digunakan sekali sebelum benar-benar dibuang.

Plastik akhirnya menjadi polusi yang tak bisa dihindarkan. Cara terbaik untuk memusnahkan plastik sebenarnya dengan membakarnya. Namun, hal tersebut bisa menimbulkan polusi udara. Sementara jika tidak dibakar, maka akan mengotori lingkungan. Tanah dan lautan pun akan dipenuhi oleh limbah plastik.

Solusi yang paling efektif adalah dengan mengubah ketergantungan kita kepada plastik. Bijaklah dalam penggunaan plastik, dan gunakan bahan lain yang lebih ramah lingkungan. Bisakah kita menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari?