Bahaya Air Kotor Bagi Kesehatan Tubuh!

Posted on Dibaca : 7

Halo Sahabat Shimizu!

Air adalah sumber daya alam yang paling penting untuk kehidupan mahluk hidup dan manusia untuk bertahan hidup. Oleh karena itu menjaga kualitas air sangatlah penting. Faktanya banyak sumber air bersih yang mulai tercemar karena ulah manusia itu sendiri.

Penyebab dari air yang tercemar sangatlah beragam mulai dari buang sampah sembarangan, deterjen, limbah pabrik yang dibuang ke sungai atau laut, minyak tumpah di lautan dan masih banyak lagi. Hal ini dapat berakibat pada kesehatan lingkungan hingga kesehatan manusia. Air yang tercemar akan membawa penyakit dan bakteri, hal ini akan sangat berbahaya apalagi hingga masuk kedalam tubuh.

Mengonsumsi & menggunakan air yang sudah tercemar bakteri akan memberikan dampak buruk pada tubuh. Bakteri akan membawa virus kedalam tubuh dan menimbulkan 5 penyakit ini:

Diare

Penyakit yang akan timbul diakibatkan dari mengonsumsi air yang tercemar adalah diare. Diare disebabkan oleh bakteri dan parasit yang terbawa pada makanan atu minuman yang kita konsumsi. Diare akan ditandai dengan feses yang berbentuk encer dan cair.

Kolera

Penyakit berikutnya adalah kolera. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri vibrio cholerae yang biasanya terbawa di air atau makanan yang sudah terkontaminasi oleh feses orang menderita penyakit ini. Penyakit ini juga bisa menular dari makanan yang dicuci dengan air yang sudah terkontaminasi. Adapun gejala dari kolera seperti keram perut, muntah dan sakit kepala.

Hepatitis A

Penyakit yang diakibatkan bakteri dalam air yang tercemar berikutnya adalah Hepatitis A. Penyakit ini akan menyerang hati manusia. Penularannya melalui air atau makanan yang terkontaminasi feses atau melalui kontak langsung dengan feses dari pengidap hepatitis A.

Disentri

Berikutnya adalah penyakit disentri dengan gejala demam, muntah, sakit perut dan diare parah. Disentri biasanya akan disebabkan oleh bakteri yang masuk ke mulut melaui air atau makanan yang sudah terkontaminasi.

Trachoma

Penyakit yang terakhir adalah trachoma atau infeksi pada mata. Infeksi ini ditimbulkan karena virus atau bakteri yang terbawa oleh air yang tercemar dan masuk kedalam mata. Gejala yang ditimbulkan seperti gatal – gatal, nyeri pada mata, lebih sensitif pada cahaya, kelopak mata yang bengkak dan keluarnya cairan dari mata yang mengandung nanah atau mukus.

Nah itu dia penyakit – penyakit yang disebabkan karena mengonsumsi & menggunakan air yang kotor ataupun tercemar. Selain dampak buruk untuk lingkungan dampak buruk untuk kesehatan juga sangat berpengaruh. Oleh karena itu pastikan untuk memasak air dan makanan hingga benar – benar matang dan mencucinya sebelum diolah.