Apa itu Pompa Sumur Dalam?

Posted on Dibaca : 17

Hallo Sahabat Shimizu! Pompa air merupakan hal yang dekat dengan kita, karena hampir setiap hari kita menggunakan pompa air, pompa air memiliki beberapa jenis dan fungsi yang berbeda – beda. Kali ini Shimizu akan membahas mengenai apa itu pompa air sumur dalam yang telah banyak digunakan untuk keperluan di gedung – gedung, komersial, pabrik, hotel ataupun penggunaan pribadi dirumah.

Shimizu Indonesia memiliki 2 desain pompa, yaitu pompa air dengan gaya italia dan gaya jepang. Pompa air sumur dalam Shimizu memiliki rata – rata total head mulai dari 33 meter sampai 100 meter. Dengan daya hisap air mulai dari 15 meter sampai dengan 50 meter.

Pompa Shimizu Sumur Dalam Gaya Jepang

Untuk gaya Jepang terdiri dari tipe PC-165 BIT dan PC-250 BIT. Pompa ini merupakan pompa otomatis yang dilengkapi dengan dua lubang pipa sejajar vertikal. Pada ujung pipa hisap terdapat mata jet atau ejektor yang berfungsi menambah daya dorong pada pompa, sehingga mampu menghisap dan mendorong air lebih tinggi.

Selain itu Pompa ini memiliki pressure tank yang berisikan udara bertekanaan tinggi yang membantu menekan air ke titik – titik kran air sehingga tekanan air yang dihasilkan pompa akan lebih stabil. Dengan total head maximal 60 meter dan daya hisap maximal 30 meter.

Mesin motor pompa ini juga lebih tahan lama karena dilengkapi dengan thermal protector yang berfungsi mematikan arus listrik ketika motor overheat. Pompa gaya jepang ini sangat cocok untuk rumah atau toko yang memiliki sumur dalam dan daerah yang kering.

Pompa Sumur Dalam Shimizu Gaya Italia

Untuk gaya Italia terdiri dari tipe PC-260 BIT, PC-268 BIT, PC-267 BIT, PC-375 BIT dan PC-503 BIT. Pompa ini disebut juga sebagai jet pump dan memiliki dua lubang pipa sejajar vertikal. Pada ujung pipa hisap memiliki mata jet atau ejektor yang berfungsi menambah daya dorong pompa, sehingga mampu menghisap dan mendorong air lebih tinggi.

Selain itu Pompa ini memiliki pressure tank (kecuali PC-267 BIT) yang berisikan udara bertekanaan tinggi membantu menekan air ke titik – titik kran air sehingga tekanan air yang dihasilkan pompa akan lebih stabil. Dengan total head maximal 100 meter dan daya hisap maximal 50 meter dan Pipa Hisap yang lebih besar 1.25”.

Mesin motor pompa ini juga lebih tahan lama karena dilengkapi dengan thermal protector yang berfungsi mematikan arus listrik ketika motor overheat. Pompa gaya italia ini sangat cocok untuk rumah atau toko yang memiliki sumur dalam dan daerah yang kering.

Photo: flickr.com